PESONA KEINDAHAN BATIK INDONESIA




Pesona batik semakin hari semakin berkembang. Batik secara historis sudah ada dan dikenal sejak abad XVII. Pada waktu itu seni batik ditulis dan dilukis pada daun lontar. Pada saat itu pola dan motif batik masih di dominasi nuansa binatang dan tanaman. Kini nuansa pesona batik mulai mengalami perkembangan, bisa dilihat dari corak-corak lukisannya yang mulai memunculkan motif abstrak menyerupai awan, wayang, relief candi dan lain-lain.

Perjalanan perkembangan batik di Indonesia berkaitan dengan keberadaan beberapa Kerajaan zaman dahulu diantaranya Kerajaan Mataram dan Kerajaan Majapahit sampai Kerajaan berikutnya sesudah Majapahit. Berdasarkan histories perkembangan batik banyak dilakukan pada zaman Kerajaan Mataram, Kerajaan Solo dan Kerajaan Yogyakarta. Batik pada zaman dahuu merupakan salah satu kebudayaan keluarga Kerajaan. Jadi awal mulanya batik hanya dikenakan terbatas oleh raja dan keluarganya.




Bangsa kita ini merupakan bangsa yang besar. Kita sebagai generasi bangsa sangat patut bersyukur atas banyaknya limpahan kekayaan yang ada di bumi Indonesia ini. Bumi Indonesia mewariskan banyak sekali kebudayaan untuk rakyatnya. Salah satu kebudayaan yang sungguh sangat memikat hati yaitu kebudayaan nuansa indah Batik Indonesia.

Pada zaman sekarang ini batik sudah tersebar di seluruh Indonesia. Batik sudah dikenakan oleh siapa saja tidak hanya terbatas di lingkungan Kerajaan lagi. Keberadaan batik dengan berbagai corak dan variasi disesuaikan dengan filosofi dan kebudayaan tiap daerah sehingga batik-batik tersebut memiliki ciri khusus tersendiri tiap daerah. Nuansa batik sekarang ini sudah menjadi kebanggan bangsa Indonesia. Batik tidak hanya dikenal di Negara Indoensia saja tapi sudah sangat terkenal di Mancanegara. Suatu kebanggaan tersendiri sebagai bangsa Indonesia ketika kita mengetahui diberbagai media kalau orang-orang di luar negeri mulai menyukai batik bahkan mereka juga sudah mulai berburu untuk membeli batik Indoensia.

Jadi batik merupakan satu hasil karya bangsa Indoensia yang sampai saat ini masih membuat mata dunia terpesona dengan nuansa indahnya. Batik merupakan salah satu produk warisan budaya yang sangat unik dan merupakan kekayaan budaya yang mesti dijaga dan dilestarikan. Aneka motif batik juga merupakan salah satu point potensial untuk mendongkrak devisa Negara.

Keunikan seni batik dpat dilihat dari berbagai motif dan variasi yang diciptakan. Motif yang beraneka ragam dari motif klasik hingga modern. Beberapa panelis dan perancang mode internasionl seperti Jepang sangat mengakui kalau mode batik bisa memberkan inspirasi tersendiri dalam sebuah trend pakaian bertaraf internasional. Batik Indonesia sekarang ini sudah menjadi salah satu ikon budaya pemersatu seluruh rakyat Indonesia baik yang berada di dalam negeri ataupun di luar negeri. Jadi tidak ada alasan lagi buat kita untuk tidak bangga dengan pesona indah batik yang senantiasa menghiasi berbagai acara.



‘Disertakan pada lomba Blog Entry bertema Batik Indonesia, kerja sama Blogfam dan www.BatikIndonesia.com

0 komentar:

Post a Comment