Panduan Meditasi dari Adjie Silarus


Woww…sekarang kita menjelajah dunia meditasi lagi yuk!  Siapa yang ingat tentang meditasi? Pasti banyak membayangkan meditasi itu posisi seperti semedi, duduk bersila, diam dalam keheningan.  Sedangkan menurut kamus, meditasi itu berupa latihan untuk berkonsentrasi dan fokus pada suara, objek, visualisasi, nafas, gerakan atau perhatian sendiri dalam rangka meningkatkan kesadaran atas saat ini, mengurangi stress, meningkatkan relaksasi serta meningkatkan pertumbuhan pribadi dan spiritual.


 

 Mengupas tentang meditasi, pasti kita ingat kembali dengan seorang terapis meditasi Adjie Silarus.  Apalagi bagi teman – teman yang tergabung di Inscript Creative pasti sangat hapal dengan nama ini.  Tentu saja, dia salah satu klien Personal Branding yang telah bergabung di Indscript.


Adjie Silarus, pria muda lulusan Universitas Gajah Mada Fakultas Psikologi dikenal sebagai seorang pria yang smart.  Kecerdasannya itu membuktikan kalau dia berhasil memperoleh kelulusan ketika mengikuti latihan meditasi kesehatan dengan menyelesaikan OMM 365 dengan arti lain selama 1 tahun penuh dia mempelajari tentang One Moment Meditation, menguasai dan memahami tentang Meditative Mind serta  Mindfulness.  Berdasarkan pengetahuan Adjie Silarus selama mempelajari tentang meditasi maka dia dapat merangkumkan beberapa Panduan Meditasi untuk dijadikan panduan bagi orang lain yang ingin mempelajari tentang meditasi.


Berikut ini ada sedikit penjelasan dari Adjie Silarus mengenai Panduan Meditasi antara lain :
  1. Sejenak hening, dilakukan untuk memberantas stres dan meredam kemarahan. Dengan posisi duduk di kursi seperti biasa, posisi kaki menyentuh lantai, kedua tangan di atas lutut, duduk tegak dan punggung tidak bersandar. Pasang timer 1 menit, pejamkan mata dan fokus pada napas. Sejenak hening dapat juga dilakukan sembari duduk di lantai. Jika dengan duduk di lantai, ambillah posisi bersila senyaman mungkin. Sejenak hening merupakan meditasi paling sederhana dan sangat mudah dilakukan. Teknik ini dapat dilakukan di manapun dan hanya 1 menit per hari.
  2. Teknik bernapas. Pada teknik ini, kita berkonsentrasi untuk menyadari saat menghirup dan menghembuskan napas. Saat menghirup napas, katakanlah pada diri sendiri, “Menghirup napas, saya tahu saya sedang menghirup napas”. Dan saat napas dihembuskan, katakanlah, “Menghembuskan napas, saya tahu saya sedang menghembuskan napas”. Ketika latihan, tidak perlu mengatakan semua kalimat tersebut melainkan menyingkatnya dengan mengatakan “masuk” saat menghirup napas dan “keluar” saat menghembuskan napas. Lakukanlah minimal 1 menit agar dapat merasakan keutuhan dalam diri kita.
  3. Harmonisasi pikiran. Dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut : berdiam diri, konsentrasi, memotivasi diri, tekun dan sabar, serta mengolah kebahagiaan yang ada dalam diri.
Semoga Panduan Meditasi dari Adjie Silarus yang dituliskan di atas dapat bermanfaat bagi siapa saja yang memerlukan informasi tentang meditasi.



Manajemen Adjie Silarus, 268ED6C1

0 komentar:

Post a Comment