Siapa Pelanggan Utama Anda?


 

Seseorang yang bergerak di bidang usaha memang harus jeli memperhatikan banyak hal.  Selain perhatian terhadap kualitas produk yang dihasilkannya, seorang pebisnis juga mesti memperhatikan orang – orang ada disekitarnya salah satunya pelanggan dari usahanya.  Yang namanya pelanggan mesti diberikan suguhan yang menarik supaya ketertarikan hati pelanggan tersebut mendatangkan keberuntungan berlimpah buat para pebisnis.  Tidak menutup kemungkinan, kualitas produk yang terbaik yang kita berikan membuat pelanggan semakin jatuh cinta dengan produk kita dan penyampaian kualitas tersebut dari mulut ke mulut atas produk kita akan berlangsung dengan lancar.  Lewat mulut pelanggan tersebut, maka salah satu peluang kesuksesan kita dalam berbisnis juga bisa kita capai dengan baik.

 

 

Memahami karakteristik pelanggan utama itu sangat penting karena memahami karakteristik pelanggan utama itu merupakan salah satu syarat kesuksesan sebuah bisnis. Tanpa memahami sebuah karakteristik tersebut kita tidak mungkin dapat menentukan strategi marketing dan memberikan layanan terbaik bagi mereka.

(Veronica Ratna Ningrum)

Veronica Ratna Ningrum adalah seorang Woman Marketer juga CEO dari PT Masterindo Multiguna yang bergerak di bidang konsultan marketing.  Dia telah telah sukses menangani berbagai program marketing bagi sejumlah lembaga perbankan, baik bank nasional maupun bank asing.

Menurut Veronica Ratna Ningrum, ada sejumlah karakteristik pelanggan utama yang perlu diketahui oleh setiap pelaku bisnis, yakni:
  • Informasi dasar tentang pelanggan: siapa mereka, kisaran usia, kisaran penghasilan, lokasi tempat tinggal, atau lokasi bisnisnya. Milikilah database pelanggan yang tersistem dengan rapi, yang berisi semua informasi dasar tersebut beserta alamat kontak mereka. Kontak mereka dibutuhkan untuk tetap dapat berinteraksi dengan baik dan memberikan informasi terkini tentang sesuatu yang baru dari perusahaan Anda.
  • Bidang atau bisnis yang mereka jalankan, termasuk siapa saja klien mereka, dan bagaimana mereka menjalankan bisnis tersebut. Dengan demikian, Anda akan tahu layanan jasa atau produk seperti apa yang tepat bagi mereka.
  • Hal-hal yang mereka sukai. Masing-masing pelanggan memiliki kesukaan atau hobi yang unik. Jika kita memahami apa yang mereka sukai, akan mudah untuk merancang program rewards atau program marketing lainnya guna membentuk loyalitas pelanggan.
  • Problem yang mereka hadapi. Setiap pebisnis, termasuk kita, tidak semata-mata menawarkan sebuah produk atau jasa kepada konsumen. Namun kita juga menawarkan solusi bagi problem yang dihadapi pelanggan. Dengan memahami problem mereka, kita dapat merancang program maupun produk yang lebih tepat.

Bagi Veronica, lulusan Universitas Kristen Indonesia (UKI) jurusan Manajemen yang meneruskan ilmu hingga ke Illinois-AS ini menegaskan memahami siapa pelanggan utama bisnisnya, adalah bagian yang tak terpisahkan dari prinsip menjadikan konsumen sebagai raja. Dia juga senantiasa menekankan perlunya memperhatikan kebutuhan konsumen dan memberikan layanan terbaik. “Sebab sukses tidaknya sebuah bisnis, sangat tergantung dari cara kita menghadapi konsumen,” ujarnya.

 

 Personal Branding Agency, Indscript Creative


0 komentar:

Post a Comment