Kesombongan Yang Semakin Sulit Dideteksi



Setiap manusia termasuk kita kadang bisa terbersit rasa sombong dalam batin dan jiwa kita. Sombong adalah penyakit yang sering menghampiri kita semua, benih-benihnya kerap muncul tanpa kita sadari.

 Kesombongan yang ada pada diri manusia itu bisa disebabkan oleh beberapa hal. Kadang hal inilah yang tidak sadar menyebabkan ada rasa sombong dalam diri kita.





 Rasa sombong yang disebabkan oleh faktor materi. Ketika kita merasa lebih kaya, lebih rupawan, dan lebih terhormat daripada orang lain. Maka rasa sombong bisa dengan mudah menghinggapi diri kita, apabila kita tidak bisa mengontrol sifat buruk ini.

 Rasa sombong yang disebabkan oleh faktor kecerdasan. Kita merasa lebih pintar, lebih kompeten, dan lebih berwawasan dibandingkan orang lain.



 Rasa sombong disebabkan oleh faktor kebaikan. Kita sering menganggap diri kita lebih bermoral, lebih pemurah, dan lebih tulus dibandingkan dengan orang lain. Padahal kalau rasa ini semakin kita pupuk maka semua kebaikan yang kita lakukan hanya akan bernilai sia-sia.

 Semakin tinggi tingkat kesombongan yang kita miliki, maka semakin sulit pula kita mendeteksinya. Sombong karena materi sangat mudah terlihat, namun sombong karena pengetahuan, apalagi sombong karena kebaikan, sulit terdeteksi karena seringkali hanya berbentuk benih-benih halus di dalam batin kita.

 Cobalah setiap hari, kita periksa batin kita dan pikiran kita. Kesombongan hanya akan membawa kita pada kejatuhan yang dalam dan kesengsaraan yang merugi. Mari berlatih untuk menghindari segala bentuk kesombongan.

0 komentar:

Post a Comment