Anak Masih Suka Ngompol? Ini Dia Tips Jitu Mengatasinya




Melihat anak mengompol adalah hal yang paling memusingkan buat seorang ibu. Apalagi kalau anak mengompol pada malam hari ketika anak sedang tidur. Bau pesing di kasur bisa membuat ibu jengkel dan marah-marah.

Anak yang berusia 5 tahun secara umumnya sudah bisa untuk pipis sendiri atau bangun pada malam hari apabila merasa kandung kemihnya sudah penuh. Namun setiap anak kadang berbeda anak yang seusia sama mungkin memiliki sinyal tubuh komplek yang belum berkembang sempurna sehingga tubuh secara otomatis mengosongkan kandung kemih ketika tidur.





Anak yang demikian atau anak yang masih mengompol, hendaknya diberi perhatian jadi jangan dimarahi. Sebagai seorang ibu harus sabar ketika menghadapi anak yang seperti ini. Hal ini bisa dilatih supaya anak tidak mengompol secara sembarangan lagi.

1. Buang air kecil sebelum tidur Biasakan anak untuk buang air kecil sebelum tidur. Berikan pengertian bahwa dia tidak boleh lagi mengompol ketika tidur. Jangan biarkan anak minum yang banyak sebelum tidur karena akan membuat kandung kemih cepat penuh.

2. Melatih toilet training Anak usia 2 tahun hendaknya mulai diajarkan toilet training. Ibu bisa membelikan toilet kecil buat anak sehingga anak bisa merasa senang ketika harus buang air kecil ataupun besar. Ibu juga bisa merutinkan anak untuk pergi ke kamar kecil supaya anak jadi terbiasa dan mengerti kalau mau buang air kecil maka harus ke kamar kecil.

3. Bangunkan anak untuk ke toilet Cara ini mungkin sedikit merepotkan buat
ibu. Tapi hal ini secara tidak langsung juga mengajari anak supaya peka kalau kandung kemih sudah penuh maka anak harus ke toilet. Cara ini juga mencegah anak supaya tidak mengompol. Bangunkan anak 3 atau 4 jam sekali untuk buang air kecil.

4. Batasi makan makanan dan minuman yang manis Anak yang suka makan dan minum yang manis akan sering buang air kecil karena tubuh secara alami akan membuang zat-zat sisa yang tidak diperlukan oleh tubuh seperti kadar gula yang berlebih dalam tubuh.

5. Jangan Memarahi atau mempermalukan anak Ketika ibu menemui anak yang seperti ini hendaknya tidak memarahi bahkan mempermalukannya dihadapan umum. Memarahinya hanya membuat anak semakin stres. Hal ini mungkin juga tidak diinginkan oleh anak tapi anak belum bisa untuk mengontrolnya.

6. Beri pujian Jika anak berhasil untuk tidak mengompol pada malam hari maka beri anak pujian supaya anak merasa dihargai dan diperhatikan.

Inilah beberapa tips buat para ibu untuk menghadapi anak yang masih suka mengompol pada malam hari. Semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment