Bisnis Rumahan Bisnis Penasaran





Bisnis rumahan, bisnis penasaran kok bisa?  Iya bisa, karena banyak orang yang dibuat penasaran dengan merebaknya bisnis rumahan sekarang ini.  Banyak yang mulai berkecimpung menggeluti bisnis rumahan.  Kenapa ya, banyak yang tertarik dengan bisnis rumahan?  
Bisnis rumahan memang menjanjikan buat para pebisnis yang ingin segera berkecimpung di dunia bisnis.

Memiliki sebuah bisnis sendiri yang mandiri tentu saja menjadi keinginan banyak orang, ditengah himpitan kebutuhan ekonomi yang semakin besar seperti kebutuhan makan, renovasi rumah, dan biaya pendidikan yang semakin tinggi otomatis dituntut untuk memiliki penghasilan yang lebih. Tetapi, biasanya besar pasak daripada tiang, artinya pendapatan bulanan kita tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tersebut.  


Salah satu solusinya adalah kita membuka bisnis sendiri di rumah. Membuka usaha sendiri dirumah memang susah-susah gampang, apalagi jika kita belum memiliki pengalaman yang cukup dalam membuka sebuah usaha. Tapi, paling tidak ada keuntungan membuka usaha rumahan, antara lain :
  • Tidak terikat oleh atasan, dengan waktu kerja yang lebih fleksibel
  • Modal yang digunakan relatif lebih kecil
  • Mengisi waktu senggang
  • Keuntungan yang diperoleh dinikmati oleh kita sendiri
  • Memaksimalkan apa yang ada di rumah
Dengan kita membuka usaha sendiri tentu saja kita adalah Bos untuk diri kita sendiri, kita tidak memiliki atasan sehingga waktu kerja kita lebih fleksibel. Menurut prasangka dan pemikiran banyak orang memang membuka usaha sendiri di rumah salah satu kendala terbesar adalah soal modal. Ya modal memang dijadikan alasan klasik banyak orang untuk memulai usaha sendiri. Tetapi, itu tidak sepenuhnya tepat. Jika kita bisa melihat peluang pasar yang ada, sebenarnya ada banyak peluang usaha yang dapat kita ambil dengan budget yang tidak terlalu besar.
Untuk pemula dengan modal kecil yang menguntungkan bahkan beberapa bisa untung besar saat ini. Usaha sampingan seperti untuk ibu rumah tangga sangat menjanjikan & terbukti dapat menghasilkan dengan cara mudah cukup mencari kumpulan macam macam jenis usaha rumahan yang sukses.
Apakah kalian sedang mencari ide untuk membangun bisnis rumahan sebagai pendapatan tambahan? Mungkin beberapa ide peluang berikut akan dapat memberi inspirasi tentang bisnis rumahan yang cocok. Di antara semua bisnis rumahan ini, ada yang membutuhkan keahlian khusus & ada pula yang tidak. Modal yang dibutuhkan juga relative kecil, atau bahkan ada yang gratis tanpa modal sedikitpun. Memiliki bisnis rumahan dapat  membantu untuk mendapat penghasilan tambahan dari waktu luang yang dimiliki. Baik dari kegiatan bisnis utama, atau dari kesibukan sehari-hari sebagai ibu rumah tangga.
Banyak pilihan bisnis rumahan yang bisa dijadikan usaha buat para calon pebisnis diantaranya :

  • Bimbingan Belajar
Jasa Bimbingan Belajar sekarang lagi merebak di kalangan masyarakat.  Bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan.  Modal yang digunakan untuk memulai bisnis bimbingan belajar tidak besar.  Bisa menggunakan modal yang ringan terlebih dahulu untuk mengetahui prosfek pasarnya.  Jasa bimbingan belajar merupakan bisnis yang memerlukan skill tertentu karena mengarah pada skill atau kemampuan seseorang untuk bisa mengajar dan memberikan pengarahan pelajaran buat para siswanya.

  • Penulis Artikel
Menjadi penulis content juga dapat dijadikan bisnis rumahan untuk mengisi waktu luang. Untuk jasa penulisan ini kita harus mengetahui seluk beluk dalam dunia tulis menulis. Terutama jika kita adalah penulis content yg biasanya diterbitkan pada sebuah blog atau website, maka kita harus tahu dasar-dasar dalam menulis content yang sesuai & tips serta trik dalam menulis content yg berkualitas.
teknik menulis dapat dengan mudah dipelajari atau disesuaikan dengan keinginan pihak pemesan. Bagaimana cara mendapatkan order atau berpromosi? dapat lewat online facebook, forum – forum terkait, bbm atau langsung mengirimkan email penawaran melalui info “contact us” yang ada di blog.

  • Kreatif Rumahan
Bisnis rumahan yg juga sangat menarik adalah produk handmade. Jika kamu adalah orang yang kreatif, tentu memiliki banyak sekali ide yang dapat dijadikan sebagai peluang usaha. Salah satunya adalah membuat figura dari kertas bekas. Maka hanya dgn bermodalkan kertas limbah seperti kardus, karton, dll dapat menyulapnya menjadi figura cantik dgn kreatifitas kita. Profit yang akan didapat juga lumayan, karena untuk tiap satu figura dijual pada kisaran harga Rp.2000 – Rp.5000 tergantung ukuran serta tingkat kesulitan. Untuk penjualan bisa dengan membuat toko online sebagai startup bisnis sampingan.

  • Jasa Pengetikan
Jika rumah berada dekat kampus atau sekolah, maka bisnis rumahan jenis ini akan sangat cocok dijalankan. Untuk bisnis rumahan seperti ini harus faham dengan komputer serta menguasai Microsoft word dengan pengalaman cukup. Modal yang dikeluarkan juga tak banyak. Serta tempat yang dibutuhkan di jasa ini juga tak harus besar, yang penting memiliki ruang yang mampu menampung semua alat-alat yang dibutuhkan seperti komputer, printer, serta scanner.

  • Bisnis Perawatan dan Penitipan Anak Rumahan
Jika tinggal di kawasan yang sekiranya kebutuhan pada jasa penitipan anak sangat tinggi, maka bisnis perawatan dan penitipan anak bisa juga jadi salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan. Untuk mampu menjalankan bisnis jenis ini, harus memiliki kesabaran tinggi serta stamina ekstra. Karena bagi orang yang tidak terbiasa, menghadapi anak-anak bisa menjadi hal yang sulit.


  • Peluang Bisnis Laundri (Jasa Cuci)
Salah satu bisnis yang sedang naik daun sekarang ini adalah jasa laundri. Semakin banyak orang yang menekuni bisnis ini. Terutama dikota-kota besar, karena kebanyakan pegawai atau mahasiswa sudah malas karena capek seharian aktivitas maka mereka lebih senang menggunakan jasa laundri untuk urusan mencuci pakaian. Agar sukses di bisnis laundri harus mengutamakan kualitas cucian. Jangan asal cuci dan wangi. Karena, tidak sedikit jasa laundri yang hanya mementingkan wanginya saja. 

  • Peluang Bisnis Online
Di era sekarang ini bisa dikatakan internet tidak bisa lepas dari kehidupan manusia,  lebih-lebih untuk anak muda. Karena itulah internet mengubah sendi-sendi kehidupan termasuk untuk berbisnis. Sekarang ini ada banyak sekali peluang bisnis online.  Tidak sedikit orang yang sukses menekuni bisnis online, orang yang menekuni bisnis online ini biasanya menyebut dirinya sebagai seorang “internet marketer” atau tidak sedikit yang menyebutnya “profesional jobless”. Apapun istilahnya, mereka sukses dengan memanfaatkan internet sebagai media utamanya untuk berpromosi. Kita bisa menjual barang milik pribadi atau bisa menjual produk orang lain (broker).

  • Peluang Bisnis Kuliner
Bisnis kuliner memang tiada matinya, karena memang sejak dahulu kuliner adalah kebutuhan primer yang tidak mungkin bisa dihindari. Usaha kuliner ini sangatlah banyak, mulai dari level kecil-kecilan hingga level yang lebih besar lagi. Untuk awal-awal bisa menjual kecil-kecilan terlebih dahulu misalkan dengan menjual gorengan, aneka jajanan pasar, dll. Jika tidak bisa memasarkannya, bisa menitipkan dagangan ke toko-toko atau kantin sekolahan.

Banyak pilihan lainnya untuk bisnis rumahan.  Salah satu contoh dari sekian banyak bisnis rumahan bisa kita lihat diatas. Kita bisa memilih sesuai dengan minat serta keahlian yang dimiliki. Lagipula, tak ada salahnya mencoba salah satu. Karena jenis bisnis rumahan di atas, mayoritas hanya menuntut skill serta biaya yang cukup minim. Kita juga bisa belajar memanfa’atkan waktu luang kita dalam mencari penghasilan tambahan.


Salam




#ODOP 
#EstrilookCommunity
#Day17

0 komentar:

Post a Comment