Cara Supaya Anak Lancar Bicara





 
Setiap anak dilahirkan sama , akan tetapi perkembangan masing – masing anak sangatlah berbeda . Termasuk dalam perkembangan olah bicaranya . Ada yang dengan cepat bisa berbicara lancar tapi ada pula anak yang lama sekali belum bisa dan pandai berbicara .
Tapi jangan takut bunda …. hal tersebut dapat kita minimalkan , yaitu dengan beberapa cara agar si anak lancar bicara . Dengan latihan – latihan yang kita biasakan dalam kehidupan keseharian kita .
Adapun tips – tips supaya anak lancar  bicara diantaranya sebagai berikut :



  • Sering ajak bicara anak , karena hal itu akan memperbanyak perbendaharaan katanya .Sehingga dengan memiliki perbendaharaan kata yang banyak si anak akan lambat laun senang berbicara .
  •  Selalu ajak si anak untuk berkomunikasi secara intensif baik secara kualitas maupun kuantitas , dengan penuh kesabaran dan telaten.
  • Ajak si anak untuk bernyanyi , kegiatan ini sangat menyenangkan . Dan dapat dipakai untuk terapi mereka belajar berbicara . Mengajak anak bernyanyi bersama , misalnya karaokean ( tentunya dengan lagu anak-anak ), juga bisa memacu anak untuk pintar bicara.
  • Mendongeng  juga sangat bermanfaat , karena selain bisa menambah kosakata di  dalam memori anak , kemampuan anak dalam mendengar pun juga akan terlatih . Jadikan suatu kebiasaan ya , sebagai penghantar tidur mereka .
  • Faktor fisik juga dapat mempengarui dalam berbicara .Jadi alangkah baiknya membawa si anak  ke dokter THT , guna mengetahui apakah ada kelainan dalam  alat pendengarannya . Sebab jika kalau memang ada masalah dalam sistem pendengarannya , maka terapi apapun akan percuma di lakukan dan tidak ada manfaatnya . Dan si anak memang harus mengikuti terapi khusus dari dokter THT tersebut .
  • Ajak Anak Bicara dengan banyak ucapan , seperti aktivitas kita sehari – hari usahakan diucapkan dengan panjang lebar . Misalnya : ….wah dede’ udah selesai mandi yaa , yuk sekarang keringkan badan dengan handuk , pertama mukanya kemudian baru badan , tangan dan kaki , trus kalau sudah selesai semua tinggal pakai baju , bedakan dan rambutnya disisir yg rapi ya … . Daripada bunda hanya mengucapkan seperlunya saja semisal : Kalau dede’ udah mandi , pakai handuk dan  baju..
  • Benarkan Jika Anak Salah Ucap , ketika anak berbicara  akan lebih baik  bila kita  membantu membenarkan ucapannya yang salah .
  • Memancing anak bicara  tanpa memaksa , kita bisa memancingnya untuk berbicara tanpa ia sadari , misalnya menanyakan tentang tokoh kartun yang ada di tv kesukaannya .
  • Jangan sekali kali marah dan merendahkan anak , jika mereka melakukan kesalahan  atau tersendat dalam pengucapan . Selain itu disarankan juga agar sang  buah hati tidak diolok-olok , apalagi ditertawakan , serta dibanding – bandingkan dengan yang lain , karena hal ini dapat menurunkan kepercayaan dirinya . Dan penurunan kepercayaan diri pada anak , juga bisa menambah masalah baru  lho… . Anak bisa menjadi  pendiam dan enggan bicara . Nah kalau sudah begitu siapa lagi yang bingung .
  • Memberi motivasi  dan pujian jika mereka benar dalam pengucapannya . Ini faktor penting dan biasanya sering terlupakan oleh kita .
  • Faktor lingkungan juga sangat besar  berpengaruh terhadap perkembangan anak untuk lancar atau tidaknya berbicara . Seorang anak yang dibesarkan di lingkungan yang orangnya senang berbicara atau bercanda akan jauh lebih banyak bicara juga dibandingkan mereka yang hidup di lingkungan orang – orang pendiam .
Demikian beberapa tips supaya anak pandai berbicara , semoga banyak membantu orangtua yang memiliki problema yang sama


Salam




#ODOP
#EstrilookCommunity
#Day12

0 komentar:

Post a Comment