Cerdas Memilih Sekolah untuk Sang Buah Hati




Keterpurukan bangsa biasanya selalu dikait-kaitkan dengan dengan pola pendidikan yang dienyam oleh para generasi bangsa itu sendiri. Pendidikan dinilai paling bertanggung jawab atas berbagai ketimpangan yang ada, meskipun semua opini inilah tidaklah selalu benar. Pendidikan memang bidang strategis dalam membangun suatu bangsa. Kelalaian membangun pendidikan akan berakibat fatal bagi output SDM yang diharapkan. Oleh karena itu salah satu sarana yang menunjang

Sekolah merupakan salah satu sarana untuk anak-anak kita menimba ilmu. Sebagai orang tua, kita semua pasti mempunyai keinginan untuk memberikan yang terbaik buat anak-anak kita. Anak-anak merupakan sekelompok generasi yang di dalam diri mereka harus tertanam nilai moral dan keilmuan yang cukup luas untuk masa depan mereka. Oleh karena itu lewat pilihan sekolah yang tepatlah semua itu bisa didapatkan.




Sekarang ini sudah banyak pilihan untuk memasukkan anak-anak ke sekolah. Antara sekolah negeri dan sekolah swasta, menjelang awal tahun ajaran pasti saling berlomba untuk mempublikasikan keunggulan sekolah masing-masing. Kita sebagai orang tua juga setidaknya mengetahui bahwa setiap sekolah mempunyai kelebihan dan kekurangan. Setiap sekolah baik itu sekolah negeri maupun sekolah swasta pasti mempunyai tujuan memberikan yang terbaik buat siswanya.

Apabila peran orangtua mulai diambil dalam memilih sebuah sekolah yang berkualitas, maka ada beberapa hal yang bisa diperhatikan dalam memilih sekolah untuk anak yaitu sarana atau fasilitas yang ditawarkan oleh pihak sekolah, tenaga pengajarnya, kualitas pendidikan sekolah, biaya, model pendidikan, hingga jumlah murid perkelasnya.

Dari segi penyelenggaran keunggulan dari sekolah swasta yang merupakan lembaga pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat. Bisa dmiliki oleh yayasan atau perseorangan. pengelolaannya lebih otonomi, jalur birokrasinya lebih pendek, dan adanya keleluasaan berinovasi ke arah peningkatan mutu dan kinerja sekolah. Sekolah negeri merupakan lembaga yang ditangi oleh pemerintah. Dalam hal pengelolaan lebih berpusat pada kebijakan pemerintah. Bagi sekolah swasta jika dihadapkan dengan program pemerintah mengenai sekolah gratis, pengelolaan sekolah swasta menghadapi kendala yang serius karena pada dasarnya sekolah swasta membiayai operasional sekolahnya secara mandiri. Sekolah-sekolah negeri sejauh ini biaya personalia ditanggung oleh negara melalui dana BOS.

Namun, yang perlukan kita perhatikan tidak hanya dari segi biaya tapi faktor-faktor yang lainnya juga harus jadi perhatian kita. Sekolah negeri memakai pola pengajaran yang sangat statis seperti bentuk ceramah, cara menghafal dan memahami materi dengan mendengarkan guru dan membaca teksbook., sedangkan sekolah swasta biasanya memakai pola pengajaran secara dinamis yang penyampaian materi pelajaran disampaikan dalam bentuk diskusi antara guru dengan murid, presentasi di depan kelas, berdebat dan beradu argumentasi.

Dari segi fasilitas yang ditawarkan sekolah swasta memiliki fasilitas sarana dan prasarana penunjang pendidikan yang lumayan memadai. Mulai dari keberadaan area olah raga di dalam ruangan, laboratorium, perpustakaan, ruang komputer, atau fasilitas kelas ber AC. Fasilitas antar jemput juga tak luput untuk ditawarkan karena tidak sedikit pula orangtua yang membutuhkan keberadaan dari fasilitas ini.

Untuk keberadaan materi ajar, sekolah swasta maupun sekolah negeri menggunakan buku ajar yang terbitan dalam negeri tapi untuk sekolah swasta karena metode ajar di sekolah swasta bersifat dinamis maka pendalaman materi terhadap keberadaan buku hanya sebagai ppendamping atau penunjang. Hal ini bisa menjadi kendala bagi siswa yang sekolah di sekolah swasta apabila mereka menghadapi ujian bersama yang biasanya lebih mengacu pada metode ajar sekolah negeri yang sangat teksbook.

Dari beberapa faktor tersebut, kita sebagai orang tua dapat mengambil kesimpulan bahwa setiap sekolah baik itu swasta ataupun negeri memiliki keunggulan dan kekurangan. Kualitas memang harus kita perhatikan. Satu hal yang harus kita yakini bahwa sekolah hanyalah salah satu sarana pendidikan penunjang keberhasilan anak dalam menggapai masa depannya. Tetapi keberhasilan yang lebih penting yaitu pendidikan moral dan keilmuan yang didapatkan anak ketika dia berada didalam rumah bersama dengan orang tuanya. Anak yang berhasil mendapatkan pendidikan nilai moral dan keilmuan terbaik dari orangtua, dimanapun dia bersekolah baik di swasta ataupun negeri keberhasilan dan kesucksesan akan selalu diraih dengan gemilang.



Salam



#ODOP
#EstrilookCommunity
#Day28

0 komentar:

Post a Comment