Ingin Punya Tulang Yang Kuat, Yuk Konsumsi Makanan Ini




Siapa sih yang tidak ingin mempunyai tulang sehat. Ingin tulang selalu sehat maka makanlah makanan yang mengandung vitamin D. Fungsi dari vitamin D sangat beragam salah satunya meningkatkan penyerapan kalsium pada usus halus. 

Menurut Institute of Medicine, usia mulai 1-70 tahun membutuhkan vitamin D sebanyak 600 IU setiap harinya, dan usia 71 ke atas membutuhkannya sebanyak 800 IU setiap harinya.

Untuk memenuhi kebutuhan penting tulang akan vitamin D tersebut, kita tidak perlu bingung atau khawatir dengan mengkonsumsi berbagai macam suplemen. Kita hanya perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin D.





1. Jamur

Jenis-jenis jamur yang biasa dikonsumsi antara lain seperti jamur kancing, jamur kuping, dan jamur shiitake. Jamur-jamur ini memiliki kandungan vitamin D yang sangat tinggi dan tentunya baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, jamur juga tergolong makanhuan rendah kalori yang bisa kita konsumsi kapanpun tanpa takut gemuk.

2. Sereal

Menurut sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2004, sereal merupakan sumber utama vitamin D yang cukup besar di dunia. Hal ini terbukti dari tingginya kandungan vitamin D di setiap 100 gramnya yang berjumlah 332 IU.

3. Minyak Hati Ikan Kod

Makanan yang mengandung vitamin D lainnya yaitu Minyak hati ikan kod. Minyak ini sudah mudah ditemukan di pasaran. Minyak hati ikan kod selain mengandung vitamin D juga mengandung asam lemak omega 3. Hanya mengkonsumsi 1 sendok teh dapat memenuhi 75% kandungan vitamin D.

4. Salmon

Ikan salmon menyimpan sumber vitamin D terbaik yang juga kaya akan asam lemak omega 3. Setengah iris daging salmon segar (155g) mengandung 1035 IU vitamin D, tetapi kita juga bisa mendapatkan vitamin D dari daging salmon kaleng.

5. Kuning telur

Kuning telur tidak hanya tinggi protein, namun telur juga merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin D, terutama pada bagian kuningnya. Sedangkan putih telur mengandung banyak protein.

Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Maka vitamin D juga bisa kita dapatkan dari sinar matahari pagi. Rutin mengkonsumsi dan berjemur di bawah matahari pagi maka vitamin D akan didapatkan dan kesehatan tulangpun akan terjaga.


#ODOP
#Estrilook Community
#Day5

0 komentar:

Post a Comment