Kecantikan Berlian Nusantara




Perempuan, sosok lembut penuh kasih sayang dan perhatian. Perempuan merupakan salah satu makhluk Allah yang diciptakan dengan segudang potensi dan keistemewaan. Perempuan diciptakan dengan memiliki segudang kekuatan untuk ikut serta menjalani arti sebuah kehidupan di alam fana ini. Perempuan menjadi sosok seorang istri menjadi pendamping hidup suami yang perannya juga bisa menentukan sebuah keberhasilan. Maka sering didengar sebuah istilah “Dibalik seorang lelaki yang hebat, niscaya terdapat seorang perempuan yang hebat pula dibelakangnya”. Perempuan menjadi sosok seorang ibu. Lewat kekuatan rahimnya mampu melahirkan generasi penerus kehidupan. Lewat kekuatan batinnya, mampu menjalani proses kehamilan bahkan proses melahirkan yang kadang bisa disebut sebuah proses antara hidup dan mati. Lewat kekuatan akal dan pikirannya, menjadi seorang ibu yang merupakan sosok pendidik pertama untuk generasi ini. Maka seringlah pula didengar sebuah istilah tentang “Surga itu berada dibawah telapak kaki ibu.”

Perempuan memang mempunyai banyak peran dalam kehidupannya. Salah satu peran yang sungguh memuliakan bagi mereka yaitu menjadi seorang pendidik. Generasi penerus yang telah dilahirkan menjadi sebuah amanah besar yang harus diberikan keilmuan duniawi dan ukhrawi yang seimbang. Adanya keseimbangan untuk dua hal ini niscaya akan menghasilkan generasi penerus yang berkualitas dan membanggakan baik bagi dirinya, keluarga, lingkungan, bangsanya atau bahkan sampai dunia internasional.
Kita mengetahui bahwa dunia pendidikan menjadi salah satu pilar utama kemajuan suatu negara. Kemajuan suatu negara baru akan terbukti nyata apabila generasi bangsanya berkualitas sempurna secara moral maupun spiritual. Disinilah salah satu peran buat para perempuan untuk memunculkan potensi dan bakatnya menjadi seorang pendidik. Tidak hanya menjadi seorang pendidik di rumah saja melainkan menjadi seorang pendidik untuk lingkungannya.




Terciptanya generasi berkualitas bisa dihasilkan lewat didikan penuh kelembutan yang bisa didapatkan dari seorang perempuan. Karena prestasi cemerlang para generasi akan bisa terwujud nyata apabila para pendidiknya bisa menyampaikan keilmuannya dengan menggunakan hati. Hal ini menjadi motivasi tersendiri buat para generasi.
Menjiwai nilai juang Kartini masa dahulu, maka banyak peran yang bisa kita lakukan sebagai seorang perempuan. Dalam hal pendidikan dengan mengutamakan pendekatan hati maka kita bisa mulai mendidik generasi ini dengan sungguh-sungguh. Kita sangat mengetahui kalau mendidik seorang anak yang masih kecil itu ibarat melukis diatas batu, maka seperti apapun hasil lukisan kita maka akan terus membekas dan sulit untuk hilang. Saat seperti inilah peran positif kita sebagai seorang perempuan yang kreatif harus diekspresikan.

Diantara kegiatan posisitf yang bisa kita lakukan antara lain dari segi pendidikan yaitu kita bisa mendirikan taman bacaan gratis atau dengan harga terjangkau (murah meriah) buat anak-anak. Taman bacaan laksana gudang ilmu bagi anak-anak, disanalah mereka bisa mengenal arti luasnya dunia dan kemajuan teknologi yang ada. Taman bacaan merupakan pintu gerbang untuk membuka cakrawala dunia. Banyak ilmu yang bisa kita berikan untuk anak-anak lewat kumpulan buku-buku di taman bacaan. Variatifkan taman bacaan dengan diadakannya kelas mendongeng. Bagi anak-anak penyampaian ilmu lewat kreativitas seorang pendidik itu sangat perlu. Menyisipkan pesan moral dan spiritual lewat kelas mendongeng juga merupakan salah satu bentuk menciptakan pendidikan karakter yang berkualitas. Selain dari itu, kita juga bisa menyediakan waktu untuk bimbingan belajar plus buat anak-anak. Membantu dan membimbing mereka menghadapi perbagai permasalahan belajar yang terjadi di sekolah. Bisa berkaitan dengan mata pelajaran yang ada di sekolah bahkan bisa juga menjadi tempat buat mereka untuk berkeluh kesah. Menyisipkan sistem pengajaran dengan menggunakan pendekatan edupreneurship buat anak-anak juga sangatlah bermanfaat. Karena hal ini bisa menjadi bekal tersendiri buat anak-anak untuk masa depannya. Mereka kelak bisa menciptakan lapangan kerja sendiri bahkan bisa membantu siapapun yang ingin mencari kerja. Lewat kumpulan anak-anak taman bacaan ini pula, kita bisa mengajarkan pada mereka untuk lebih berkreativitas dari segi keterampilan. Sehingga bisa menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat buat orang lain.

Kalau disimpulkan dari semua peran yang bisa dilakukan oleh seorang perempuan, maka perempuan itu diibaratkan laksana berlian. Keberadaannya sangat memukau bagi siapapun yang melihatnya. Kilauan cahayanya bisa mengundang siapapun untuk datang melihat dan meraihnya. Berlian merupakan benda yang kekokohannya sangat kuat. Samahalnya dengan perempuan, secara tersurat terlihat sangat rapuh tapi secara tersirat mempunyai kekuatan yang luar biasa. Keberadaannya bisa menjadi salah satu ujung tombak kemajuan suatu zaman atau sebaliknya. Apabila kekuatannya itu diarahkan ke arah negatif niscaya kehancuran suatu zaman mudah terjadi hanya gara-gara rusaknya moral para perempuan. Karena lewat diri seorang perempuanlah pendidikan pertama untuk sang generasi. Apabila perempuan yang mendidik generasi ini bermoral laksana binatang maka generasi penerusnya juga akan bermoral laksana binatang. Jadi sudah saat kita sebagai seorang perempuan mulai menciptakan kreativitas yang sempurna untuk kehidupan ini.


Salam



#ODOP
#EstrilookCommunity
#Day26

0 komentar:

Post a Comment