Rahasia Belajar Efektif Dengan Hypnolearning




Pendidikan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sumberdaya manusia yang berkualitas. Pendidikan juga merupakan salah satu tonggak kokohnya suatu negara karena lewat pendidikan inlah akan terlahir generasi-generasi bangsa yang kreatif dan berkualitas untuk menciptakan karya-karya fenomenal yang bisa mengharumkan nama bangsa. Namun sekarang dunia pendidikan sedikit bergolak dengan derasnya arus modernisasi serta pengaruh buruk dari peradaban luar serta kecangihan teknologi.

Adanya pengaruh buruk tersebut membuat anak didik atau siswa mudah terpengaruh informasi serta tayangan yang negatif sehingga menimbulkan perilaku buruk serta siswa sulit untuk konsentrasi dan tidak fokus dalam belajar.

Banyak cara yang akan dilakukan supaya konsentrasi belajar bisa lebih fokus sehingga kemampuan otak ketika menerima pembelajaran juga terasa santai dan mudah. Salah satu metode yang sekarang ini dilakukan untuk meningkatkan atau memperbaiki daya konsentrasi ketika belajar yaitu dengan menyelipkan metode Hypnolearning.

Hypno Learning merupakan salah satu metode Hypnotherapy dengan cara meng-uninstal atau menyingkirkan pengaruh buruk dalam pikiran setiap siswa sehingga siswa tersebut bisa meningkatkan konsentrasi serta lebih fokus dalam belajar.

Meningkatkan kemampuan menghafal materi pelajaran, membaca jauh lebih cepat, karena semua akses pikiran dan otak dikondisikan pada kesadaran tertingginya. Menggunakan metode ini dapat membantu siswa dalam memaksimalkan kecerdasannya.
Selipan Hypno Learning pada seorang siswa ketika proses belajar juga mampu merubah perilaku siswa tersebut menjadi lebih positif , jujur, sopan, tidak sombong, optimis, tegar, pandai menghargai orang lain maupun diri sendiri, pemaaf, tenang, sportif, bermental juara dan lain-lain. Secara spiritual dapat pula dilihat perubahannya yaitu pandai bersyukur serta rajin beribadah tanpa harus dengan paksaan.

Metode Hypno Learning didesign oleh seorang Pakar Ahli hypnosis dengan berbagai pengembangan disiplin keilmuan antara lain Hypnosis, Neuro Lingusitic Programming, Psycologi, Psykokinetis, dan Neuro Science. Sebenarnya metode ini sudah banyak diaplikasikan dalam dunia pendidikan barat dan menghasilkan sarjana-sarjana luar biasa diusia yang sangat belia.

Untuk di Indonesia sistem pengajaran dengan menggunakan selipan metode Hypnolearning masih sangat terbatas. Karena kemungkinan besar selama ini hampir sebagian besar sekolah hanya memfokuskan persiapan Ujian Nasional pada aspek hardskill (kompetensi akademik) untuk para siswanya, dan mengesampingkan aspek soft skill (Percaya diri, jujur, kesiapan mental, disiplin). Bercermin pada hasil Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya, bisa menjadi sebuah pemicu untuk pihak sekolah supaya lebih memprioritaskan aspek softskill siswanya, salah satunya para siswa tersebut bisa mengembangkan kemampuan dan kecerdasan otak mereka supaya bisa terfokus dalam pembelajaran untuk meraih softskill. Meskipun demikian sedikit demi sedikit sudah ada perkembangan di berbagai sekolah untuk menerapkan metode ini.

Ada beberapa resep rahasia untuk mengaktifkan otak bawah sadar kita ketika menghadapi proses pembelajaran yaitu :

Pertama: Jadilah Lebih Aktif dalam Belajar
Semakin kita aktif dalam kegiatan belajar, maka kegiatan tersebut akan menuntun untuk mendekati alam bawah sadar kita. Tanpa kita sadari, semakin asyik dengan suatu pelajaran yang dipelajari, maka alam bawah sadar kita akan senantiasa mengingat pembelajaran yang kita peroleh tersebut.

Kedua: Gunakan Imajinasi Kita dalam Belajar
Misalnya dalam menghafal deretan angka, kita bisa mengubah angka-angka itu menjadi huruf lalu menggabungkannya menjadi kata-kata yang dapat kita susun menjadi kalimat yang mudah kita ingat. Intinya coba gali kesukaan kita terhadap sesuatu, jadi ketika proses menghafal pelajaran kita bisa mengimajinasikan sesuai dengan apa yang kita sukai. Bisa berupa nama-nama tokoh kartun, nama-nama binatang dan lain-lain. Biarkanlah setiap yang kita pelajari menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan oleh imajinasi kita.

Ketiga: Lakukan Pengulangan
Dengan mengulang-ulang suatu pekerjaan, tanpa disadari, kita akan mengingat dan fasih dengan apa yang kita kerjakan.

Keempat: Fokuslah pada Tujuan
Pikiran kita yang selalu fokus, akan memacu alam bawah sadar kita untuk selalu mengacu pada tujuan yang kita capai. Contohnya, saat akhir pekan kita fokus untuk hobi kita, misalnya bermain komputer, maka bisa jadi setelah bangun pagi, hal yang kita lakukan pertama kali adalah menombol power-on komputer, lalu kita bermain tanpa kenal waktu. Seharusnya kegiatan belajar kita sehari-hari juga sefokus saat kita bermain.


Salam



#ODOP
#EstrilookCommunity
#Day19

7 komentar:

  1. segala sesuatu
    yang ditanamkan melalui alam bawah sadar
    memang lebih mudah nyereppp ya mb

    utamanya memang
    ketika sebelum tidur
    pass otak dalam kondisi alfa

    hypnotherapy
    memang efektif banget
    untuk menanamkan sugesti ke diri sendiri
    dan bisa diterapin ke banyak hal
    termasuk hypnolearning ini

    ReplyDelete
  2. Softskill emang kurang kalau mengandalkan sekolahnya, Mbak. Orang tua di rumah yg harus memulai menanamkan nilai-nilai tersebut pada anaknya. Itu kalau saya :)

    Keempat tips-nya bagus. Kalau semuanya bisa diterapkan dengan benar, pasti prosesnya nyaman trus hasilnya juga keren.

    ReplyDelete
  3. Fokus yang pada tujuan nih yg butuh kekuatan iman banget di zaman sekarang
    Biar g mudah tergoda 🤣

    ReplyDelete
  4. Fokus yang pada tujuan nih yg butuh kekuatan iman banget di zaman sekarang
    Biar g mudah tergoda 🤣

    ReplyDelete
  5. Saya pernah membaca bbrp kesaksian mereka yg berhasil dg hypnolearning ini. Sebuah terobosan yang sangat baik dan membantu

    ReplyDelete
  6. Karen resepnya nih... Setuju banget mb untuk mengasah otak Kiri dgn. Belajar, gunakan imajinasi, Pengulangan dan fokus...good

    ReplyDelete