Tips Rambut Sehat Meskipun Berhijab



Ketika memutuskan untuk memakai hijab atau jilbab maka rambut akan mulai tertutupi. Meskipun rambut sudah tertutup rapat, intensitas kena matahari ataupun debu akan berkurang bukan berarti rambut bisa bebas dari masalah rambut pada umumnya. Hal itu karena rambut yang tertutup memiliki ruang gerak yang semakin terbatas. Maka supaya rambut tidak rusak, agar beberapa cara perawatan rambut supaya terjaga kesehatannya.





1. Rajin melakukan cuci rambut

Biasakan untuk selalu rutin mencuci rambut atau keramas. Banyaknya aktivitas yang dilakukan akan memicu keluarnya keringat pada kulit kepala sehingga rambut bisa berbau dan lembab. Rutin keramas juga dapat mencegah rambut rapuh dan patah. Agar lebih bermmanfaat, pastikan kita membuat jadwal keramas dan menaatinya.

2. Menggunakan shampo yang tepat 

Untuk menjaga kesehatan rambut maka kita juga perlu memilih produk shampo yang tepat. Shampo yang sesuai dengan keluhan yang ada pada rambut kita. Kita juga bisa menambahkan conditioner sehabis keramas untuk menjaga kilau rambut. 

3. Keringkan rambut 

Setelah melakukan keramas, usahakanlah rambut dikeringkan secara alami. Kalaupun ingin dilakukan dengan hairdryer maka lakukanlah dengan temperatur rendah atau sedang. Kalau menggunakan temperatur tinggi akan membuat rambut rapuh dan cepat rontok.

4. Memilih hijab atau jilbab yang tepat 

Pakailah jenis kain hijab yang sesuai untuk digunakan agar rambut tetap sehat. Beberapa jenis kain yang bisa dipilih adalah kain yang lembut dan ringan seperti katun. Bahan katun dapat memberikan sirkulasi yang baik bagi rambut dan kepala. Selain itu, pastikan juga memilih dalaman hijab yang tepat. Hindari mengenakan dalaman jilbab yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat.

5. Makanan yang sehat 

Selain melakukan perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga sangat penting untuk menjaga rambut agar selalu sehat. Salah satunya dengan cara mengonsumsi jenis makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi. Beberapa jenis zat gizi yang baik dikonsumsi untuk menjaga rambut adalah protein dan zat besi yang banyak ditemukan dalam salmon, telur dan bayam. Makanan-makanan tersebut akan membantu menguatkan serta memberi nutrisi pada setiap helai rambut.


#ODOP
#Estrilook Community
#Day 3

1 komentar: