Beberapa minggu terakhir ini musim hujan sudah mulai menghampiri kita. Hujan terus datang pagi, siang atau malam. Datangnya musim hujan sebenarnya sebuah anugerah untuk kehidupan semua makhluk hidup. Tanah yang asalnya tandus bisa jadi subur karena tersiram air langsung dari alam.
Hujan yang terus terusan menghampiri kadang bagi sebagian manusia bisa menyebabkan penyakit. Orang akan mudah terserang penyakit pada musim hujan. Jika daya tahan tubuh tidak kuat maka penyakit flu dan sakit kepala akan mudah menyerang. Pada saat cuaca dingin, viruspun dapat lebih mudah menyebar.


Dikutip dari Menshealth, air hujan membuat suhu tubuh menjadi lebih dingin, terutama pada bagian kepala. Hal ini membuat tubuh mengeluarkan energy lebih besar untuk mengurangi rasa dingin tersebut. Akibatnya kepala menjadi sakit.
Ada beberapa tips supaya tidak mudah sakit saat musim hujan :
1. Ketika kehujanan maka segera mandi dan keramas
Air hujan yang mengandung gas atau senyawa yang bersifat asam. Pada hujan rintik rintik tingkat keasamannya lebih tinggi. Maka dari itu apabila kita kehujanan sangat disarankan untuk segera mandi dan keramas untuk menghilangkan sifat senyawa asam yang ada ditubuh kita akibat air hujan.
2. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang hangat
Untuk meningkatkan suhu tubuh yang dingin ketika musim hujan, kita sebaiknya mengkonsumsi makanan dan minuman yang hangat. Makanan dan minuman yang hangat bisa berupa susu hangat, sup, air jahe dan sekoteng.
3. Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat
Pola makan yang sehat sangat penting dilakukan pada musim hujan. Hal ini untuk meningkatkan system kekebalan tubuh kita. Mengkonsumsi buah buahan dan sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Selain itu mengkonsumsi protein juga sangat diperlukan untuk membangun pertahanan tubuh ketika melawan virus penyakit yang masuk ke tubuh.
4. Minum Air Putih
Cuaca dingin yang disebabkan dari musim hujan membuat semua orang jadi malas untuk minum air. Padahal air putih sangat bagus untuk mencegah penyakit flu. Dr. David Lewis, seorang dokter THT mengungkapkan bahwa air putih bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan melancarkan system peredaran darah, sehingga mencegah terserang flu. Air putih juga mampu mengeluarkan virus dan bakteri penyebab flu lewat air seni dan keringat.
5. Jangan Begadang
Ketika musim hujan, tidur juga harus tercukupi dengan baik. Tubuh yang lelah harus bisa diistirahatkan dengan cukup untuk menjaga imunitas yang ada dalam tubuh. Imunitas tubuh sangat penting supaya tidak mudah terserang penyakit yang sering datang pada musim hujan.
Inilah beberapa tips yang bisa kita terapkan selama musim hujan supaya kita tidak mudah terserang penyakit. Dengan melaksanakan pola hidup sehat maka penyakit tidak akan mudah menghampiri kita ketika musim hujan maupun musim panas.

Salam



#ODOP
#EstrilookCommunity
#Day9