Yuk, Kenali Tipe Teman Untuk Anak





 Ada beberapa tipe teman yang memberi dampak positif bagi anak. Mulailah mengenali anak-anak, siapa tahu ada yang bisa menjadi teman tepat buat si kecil.

 1. Teman sebaya yang punya kegemaran sama

 Teman seperti ini berperan penting bagi anak. Memiliki teman sebaya yang memiliki kesukaan sama membuat anak memiliki konsep berteman itu menyenangkan. Untuk memaksimalkan interaksi mereka, bisa diatur jadwal main bersama. Tidak perlu terlalu lama, sekitar 1 jam untuk bayi dan 2 jam. Pastikan dibut aturan singkat seperti ‘tidak boleh berebut mainan’, ‘tidak boleh memukul’, dan ‘tidak boleh mencoret dinding’. Sebaiknya umur anak tersebut tidak terpaut jauh.

 2. Teman lawan jenis

 Anak sebaiknya mengetahui sejak dini tentang keberadaan lawan jenis. Memiliki teman lawan jenis ini membantu anak lebih menghargai perbedaan yang akan berguna saat ia dewasa. Meskipun berbeda gender, saat bermain bersama tidak perlu dibatasi mainan yang cocok untuk laki-laki atau perempuan. Biarkan saja mereka mencoba semua. Usahakan juga tidak terlontar stereotype gender yang biasa terdengar, seperti anak laki lebih nakal, atau anak perempuan cengeng.

 3. Teman gemar berolahraga

 Teman seperti ini sangat berguna sebab anak akan ikut bergerak. Bukan berarti berharap anak menjadi atlet. Mengenal aturan dalam olahraga dan bermain dengan teman tipe ini mengajarkan anak sportivitas juga. Biasanya teman yang hobi berolahraga juga bersifat kompetitif. Jadi, ketika mendengar mereka mulai menyombongkan diri atau berkompetisi tanpa jeda, sebaiknya perlu diintervensi menetralkan situasi. Di luar situasi itu, biarkan saja mereka bermain dan ‘belajar’.

 4. Teman lebih tua

 Pastikan teman yang ini adalah anak baik dan memiliki sifat positif. Sebab anak cenderung mencontoh sekitarnya. Dengan teman lebih senior ini, anak bisa mencontoh sikap baiknya tanpa perlu berusaha keras mengarahkan dengan kata-kata. Pastikan saat mereka main bersama, orang tua menyediakan aktivitas yang menyenangkan bagi mereka berdua, bukan mainan yang cocok untuk usia anak


#ODOP
#EstrilookCommunity
#Day7

0 komentar:

Post a Comment