7 Hal Yang Membuat Kita Tidak Produktif



Menjadi seseorang yang produktif itu penting dan utama.  Seseorang yang produktif akan menjadi manusia yang bermanfaat buat yang lainnya.  Tidak ada alasan buat kita untuk tidak jadi orang yang produktif.  Apalagi bagi kita yang merasa sudah tua atau karena kita seorang ibu rumah tangga maka seakan jauh dari nilai produktivitas.

Banyaknya kerjaan rumah tangga yang seakan menyita waktu menjadikan alasan buat kita untuk tidak produktif.  Itu adalah hal yang salah.





Mari kita coba gali visi misi hidup kita, agar hidup lebih bermakna. Menggali potensi diri supaya bisa memberi manfaat untuk orang lain.  Ketika kita ingin mewujudkan mimpi, produktifitas akhirnya menjadi suatu hal yang penting. Kalau kehidupan kita jalani laksana mengalir seperti air tanpa ada kegiatan-kegiatan produktif, rasanya hidup jadi kurang bermakna dan kurang bermanfaat.

Kalau kita telusuri ternyata ada hal penting yang kita kira kalau diri kita ini sudah produktif padahal malah itu yang membuat kita tidak produktif

1. Multi Tasking
Semua pekerjaan dikerjakan sekaligus dalam 1 waktu. Sehingga kadang jadi bingung sendiri mau mengerjakan yang mana.

2. Tidak Mau Mendelegasi
Keinginan kita menyelesaikan semua pekerjaan sendirian. Karena merasa sanggup untuk mengerjakannya sendiri.  Padahal pekerjaan-pekerjaan tertentu bisa kita delegasikan sehingga kita bisa mengerjakan hal lain yang lebih penting.

3. Perfeksionis
Terlalu perfek terhadap sesuatu .  Ingin semuanya terlihat sempurna sehingga tidak terasa waktu terbuang percuma hanya untuk menyelesaikan 1 pekerjaan saja.

4. Terlalu Mudah Bilang Ya Yuk
Ketika kita sedang menyelesaikan pekerjaan penting. Ternyata ada tetangga mengajak shopping. Akhirnya kita ikutan shopping.

5. Mencari Waktu yang Tepat Untuk Mengerjakan Sesuatu
"Ah masih banyak waktu, nanti saja."
Alasan mencari waktu yang tepat untuk mengerjakan sesuatu, ternyata hanya menunda. Akhirnya, pekerjaan tidak terselesaikan.

6. Terlalu Banyak Mengkhayal
Mengkhayal itu tidak tepat karena biasanya hanya berupa angan-angan yang tidak terwujud nyata.  Baiknya catat semua yang kita inginkan di dalam buku mimpi. Agar bisa dieksekusi dan dievaluasi.

7. Tidak Punya To Do List
 Jika tidak memiliki to do list, bisa jadi semua kerjaan akan berantakan. Tapi kalau ada catatan, kita jadi seperti memiliki peta pekerjaan.

Inilah beberapa hal yang kadang kita sepelekan ternyata malah membuat kita jadi tidak produktif.


Salam 


18 komentar:

  1. Mbak, saya memang suka kalau diajak ya dan yuk. Makasih y mbak sharenya

    ReplyDelete
  2. setuju semuanya mbak. yang bikin nggak produktif itu ya kitanya sendiri dengan segudang alasan yang seringkali dibuat-buat.

    ReplyDelete
  3. perfeksionis...duuuh, senang banget kalau ketemu orang perfeksionis, enggak mau dibantu. Jadi senang melihatnya... Kalau saya tipe nyuruh Mbak, jadi kalau masih bisa dilakukan junior wes lah dia saja yang saya suruh kerjakan..he

    ReplyDelete
  4. Dan saya merasa tertampar bolak-balik baca ini. Makasih ya, Mbak, udah nampar saya :D

    ReplyDelete
  5. tidak punya to do list ih itu bener banget bun, kaya ikut ODOP atau SETIP saya pasti punya rencana mau nulis apa, jad i tetap produktif. makasih sharingnya bun ~

    ReplyDelete
  6. Iya benar,ya visi dan misi harus Kita ingat kembali. Makasih sharingnya, Mbak

    ReplyDelete
  7. nomor 1 dan 3, aku bangettttt! pengen semua beres dalam satu waktu dengan hasil terbaik, ujung-ujungnya malah gak kelar semua :D

    ReplyDelete
  8. Poin nomor 1..wow��saya itu mb..semua pengen dikerjakan bersamaaan. Eh tau2nya ga kelar2.hahah

    ReplyDelete
  9. sepertinya saya kena point 1,5 dan 7 deh mbak...hiks hiks.

    ReplyDelete
  10. Hehe.. Jadi ingat kekurangan diri. Utamanya multi tasking Mbak.. Semuanya pengen dikerjain, tapi ya begitulah😊. Nice share Mbak😊

    ReplyDelete
  11. Jadi tahu hal2 apa saja yang bikin saya akhirnya nggak produktif. Thanks for sharingnya ya Mbak😊

    ReplyDelete
  12. 123 saya bangettt...
    Terlalu PD bisa ngerjain semua, padahal tenaga terbatas & perfeksionis pula hemmm...

    ReplyDelete
  13. No 2 yang masih belum bisa kadang nggak percaya sama orang

    ReplyDelete
  14. Kenapa tujuh-tujuhnya berasa ada di saya semua yaaa, huuaaaa... reformasiii, eh, revolusiii, hihihi...

    ReplyDelete
  15. Saya cenderung yg no.3 deh. Misalnya ngeblog, nih. Maunya yg tulisan panjaaang trus manis tampilannya. Alhasil, butuh waktu lama emang. Dari itung2an jumlah postingan pasti akan terlihat sedikit, gitu.
    Nyetrika baju juga gitu, maunya licin banget. Hehe...

    ReplyDelete
  16. 1 2 3 tuh aku banget mb alalagi yg perfeksionisss wkkk
    Tobat tobat

    ReplyDelete
  17. Bener banget mbak. Segudang alasan membuat gak produktif. Apalagi kalau bermalas2an

    ReplyDelete
  18. To do list penting thx ya masukannya oke, nited deh...

    ReplyDelete