Meditasi itu Ternyata Mudah




Bagaimana bisa melakukan meditasi dengan tenang di zaman sekarang ini.  Susah mendapatkan tempat yang sepi, hening kalaupun ada mesti harus bepergian terus keluar kota mencari tempat yang tenang dan sepi seperti di hutan.  Hal itu memerlukan waktu yang khusus sedangkan kesibukan sekarang ini sudah menggunung.  Kalau memikirkan hal seperti ini sangat rumit untuk melakukan meditasi.  Tapi apakah memang harus demikian?  Ternyata, banyaknya pernyataan ataupun pertanyaan seperti diatas dibantah langsung oleh sang meditator muda “Sejenak Hening” Adjie Silarus.  Dia menyakinkan orang – orang kalau sebenarnya meditasi itu mudah dilakukan dimana saja.  “Jika ada aturan yang mudah, kenapa harus mengikuti yang sulit?” tanya Adjie. Kemudahan-kemudahan tersebut dibuat Adjie Silarus untuk menyebarkan gelombang damai yang dapat dirasakan setelah berlatih meditasi.






Menurut Adjie Silarus, meditasi tidak harus selalu dilakukan di tempat yang sepi dan hening.  Meditasi juga bisa dilakukan di tempat ramai.  Salah satunya Meditation On The Street atau bermeditasi di jalan. Selain itu, Adjie mengatakan, “Meditasi dapat dilakukan sambil duduk di lantai dengan posisi bersila, atau sambil duduk tegak di kursi, dengan punggung tidak bersandar, kedua kaki menyentuh lantai, dan kedua tangan di atas paha atau lutut, bahkan meditasi juga bisa dilakukan sambil berdiri.”

Meditasi juga bisa dilakukan dalam siatuasi bagaimanapun.  Meditasi tidak selalu mengharuskan dilakukan pada waktu yang khusus berjam – jam.  Bahkan meditasi juga bisa dilakukan hanya selama 1 menit.  Kita bisa memanfaatkan waktu singkat seperti 1 menit untuk meditasi misalnya ketika kita mau tidur atau ketika mau makan atau sesudah makan.  Bahkan bisa juga dilakukan ketika kita sedang jenuh menunggu antrian.  Maka manfaatkan momen tersebut untuk sejenak melakukan meditasi dengan menghadirkan rasa tenang dalam diri kita.   

Adjie menambahkan, “Fokuslah pada pernapasan. Bernapas adalah kebutuhan primer manusia. Dengan teknik bernapas, mengajak kita untuk menyadari proses menghirup dan menghembuskan napas agar dapat merasakan keutuhan dalam diri kita.” 

“Jika Anda ingin menenangkan pikiran, jauh dari stres, selalu merasa damai, bermeditasilah dengan sejenak meluangkan waktu untuk hening. Ajaklah orang terdekat Anda untuk bermeditasi bersama agar semuanya merasakan kedamaian dalam dirinya. Dan perlu diingat bahwa dengan bermeditasi, secara tidak langsung Anda telah menyebarkan kedamaian untuk dunia ini,” ujar Adjie.

Aturan-aturan baru tersebut sangat mudah untuk diikuti. Jadi tidak ada alasan lagi untuk kita bingung melakukan meditasi.  Lakukanlah sekarang juga di tempat kita berada. Jangan ditunda-tunda lagi untuk bermeditasi.


Salam





0 komentar:

Post a Comment