Melesatkan Bisnis Melalui Olah Marketing





Para pelaku bisnis yang serius menjalankan bisnis mereka pasti akan melakukan banyak cara supaya produk usaha yang mereka miliki bisa diterima oleh pasar.  Para pelaku bisnis tersebut harus memperhatikan hal – hal mendasar seperti strategi marketing yang harus dijalankan.  Hal inilah yang sangat ditekankan oleh Veronica Ratna Ningrum, seorang womanmarketer.



Marketing atau pemasaran adalah suatu proses yang dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk mendekatkan produk yang telah dihasilkan  ke konsumen.  Tujuan dari marketing yaitu agar agar produk tersebut dapat dengan mudah diakses oleh konsumen atau dapat digunakan mereka secara tepat untuk memenuhi kebutuhan.  Marketing merupakan bagian yang sangat penting dan krusial dalam bisnis karena hal inilah yang menentukan berhasil atau tidaknya bisnis yang dilakukan oleh para pelaku bisnis.

Melesatkan bisnis melalui olah marketing ini dapat dilihat dari dua sisi pandang yaitu dari pihak produsen dan juga pihak konsumen.

Kalau dilihat dari pihak produsen apabila produknya berupa barang maka haruslah memerhatikan beberapa hal yaitu tempat, kualitas produk yang dihasilkan, harga yang menarik pasar, hingga pola promosi dari produk tersebut.

Para pelaku bisnis harus jeli juga menentukan tempat.  Tempat yang dipilih yaitu tempat yang strategis, mudah diakses oleh para konsumen.  Kualitas produk juga merupakan salah satu dari hal penting yang harus diperhatikan oleh para pelaku bisnis.  Kualitas produk harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh para konsumen.  Untuk masalah harga, para pelaku bisnis juga harus bias menentukan harga sesuai dengan harga yang cukup menarik buat pasar, seperti halnya harga yang terjangkau oleh konsumen serta sesuai dengan manfaatnya atau harga yang kompetitif dibandingkan dengan produk lain yang sejenis. Jika tidak main di harga yang kompetitif, maka positioning produk harus benar-benar kuat menyasar target pasar.  Untuk faktor promosi, para pelaku bisnis harus lebih bisa mendekatkan produk yang telah dihasilkan ke konsumen sehingga konsumen akan mengetahui dengan benar bagaimana, apa, manfaat, dan keunggulan produk tersebut.

Kalau dilihat dari pihak konsumen,  para pelaku bisnis juga harus jeli memperhatikan segala usaha untuk bisa memenuhi apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh para konsumen.  Para pelaku bisnis harus bisa mengetahui bagaimana cara supaya para konsumen merasa nyaman dan puas setelah merasakan atau menggunakan produk yang telah diciptakan.  Sehingga para konsumen akan terus menggunakan produk yang dihasilkan karena rasa puas dan nyaman telah tercipta dalam diri setiap konsumen.

Semua hal ini harus diramu dengan benar dan tepat oleh pihak perusahaan terutama bidang marketing. Inilah nantinya yang akan menjadi salah satu kunci keberhasilan produk. Dan inilah yang dimaksud dengan melesatkan bisnis melalui olah marketing.


Salam




0 komentar:

Post a Comment