Mengenal Razi Thalib dan Dunia Digitalnya





Siapa sih Razi Thalib? Apakah dia seorang artis bule? Apa juga hubungannya Razi Thalib dengan media digital? Pasti bermacam – macam jawaban terlintas dibenak kita ketika membaca judul dari tulisan blog ini.  Daripada bingung tidak menentu, mari kita simak lebih lanjut tentang Razi Thalib dan dunia digitalnya.  



Razi Thalib, sosok yang mungkin belum kita kenal sebelumnya.  Setelah ada kesempatan mengenal sosok Razi Thalib lebih dekat lewat wawancara Indscript Creative di kedai Starbucks, ternyata Razi Thalib merupakan sosok muda yang bergelut di bidang dunia digital.

Razi Thalib adalah sosok pengusaha muda dan seorang konsultan.  Baginya pilihan untuk menjadi seorang entrepreneur dimulai dari keinginannya untuk intens dan focus pada dunia digital.   Tidak tangung-tanggung dia sudah mempunyai pengalaman sekitar tujuh tahun di industri media digital di Australia, khususnya untuk bidang Manajemen Produk, Strategi, dan Pemasaran. 

Razi memutuskan untuk kembali ke Indonesia, negara kelahirannya. Di Indonesia dia merasa memiliki peluang besar untuk mengembangkan segala keahlian yang dimilikinya.  Setelah sebelumnya sukses berkarir di luar negeri, dia ingin berbagi pengalaman dan kecintaannya dalam bidang Digital Engagement untuk membangun sebuah bisnis jangka panjang.

 

Setelah dia memutuskan kembali ke Indonesia.  Lelaki lulusan dari Charles Sturt University pada tahun 2002 ini mendirikan Bridges and Balloons, sebuah agensi media digital yang berlokasi di Jakarta. Tempat ini menyediakan sarana pendukung penuh, terutama bagi para pebisnis pemula. Dengan ditopang oleh sumber daya yang handal, agensi ini membantu para pebisnis untuk bisa mengembangkan bisnisnya secara positif dengan menggunakan teknologi digital.



Lelaki yang baru 3 tahun tinggal di Indonesia ini optimis bidang media digital memiliki prosfek yang sangat bagus di Indonesia.  Hal tersebut didukung pula dengan keberhasilan dan kesuksesannya membangun sistem media digital yang menghantarkan Zalora Indonesia mencapai peningkatan pertumbuhan hingga 40 % dalam waktu setahun. Zalora Indonesia merupakan situs online yang telah meraup keuntungan berlipat ganda setelah menggunakan sistem media digital buatan Razi Thalib. 

Razi juga mulai tertarik  pada peluang untuk mengembangkan proyek-proyek yang menarik perhatiannya. “Saya ingin mengerjakan proyek-proyek yang saya senangi, dan mengembangkan sistem digitalnya agar bisa berkembang terus dalam jangka panjang,” ujarnya pada Inscript Creative.


Sejumlah proyek lain juga berhasil dan sukses dia tangani diantaranya yaitu proyek pembuatan media digital bagi “Gerakan Indonesia Mengajar”. GIM merupakan program yang bergerak pada dunia pendidikan, terutama untuk anak-anak yang tinggal di pelosok yang mana memiliki keterbatasan dalam fasilitas sekolah dan guru yang handal. Dengan dukungan sarana digital yang diciptakan oleh Razi, program ini semakin sukses dalam mengembangkan misinya untuk menyediakan materi pendidikan dan tenaga pengajar berkualitas tinggi bagi anak Indonesia.

Setelah ditanya kiat sukses Razi dalam mengembangkan bisnisnya, maka diapun mengatakan bisnis system digital yang dilakoni menggunakan konten yang rinci namun mudah dicerna dan menyenangkan.  Menurutnya konten yang disukai pelanggan merupakan konten yang mampu menyajikan hal serius menjadi ringan dan menarik tanpa menghilangkan esensinya.
 “Kalau kontennya fun, para pelanggan dengan senang hati akan share, twit, klik “Like”, join, komen, dan sebagainya. Termasuk tentu saja membeli produk dengan wajah penuh senyuman” tutur Razi Thalib di akhir percakapan dengan Indscript.


Salam



0 komentar:

Post a Comment