Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional


Ujian Nasional Menakutkan Bu !!


Kata – kata itu sering didengar dari para siswa yang akan menghadapi ujian nasional.  Berdasarkan pengalaman mengajar selama ini, hampir sebagian besar siswa yang mau menghadapi ujian nasional selalu terlihat ketakutan terlebih dahulu karena membayangkan hal-hal yang menakutkan ketika menghadapi ujian nantinya.  Banyaknya fenomena yang dilihat oleh para siswa ketika banyak yang tidak lulus karena mengalami kegagalan waktu mengikuti ujian nasional, hal ini menjadi polemik tersendiri bagi para siswa.  Banyak yang frustasi bahkan sampai bunuh diri karena tidak bisa menerima kegagalan itu.


Sebagai seorang pengajar, kita seharusnya menanamkan pikiran positif buat anak-anak ketika mereka harus menghadapi ujian nasional.  Rasa percaya diri dan keyakinan siswa untuk siap menghadapi ujian akan sangat menentukan hasil akhir dari ujian tersebut.
Asumsi negatif ketika akan menghadapi ujian nasional justru akan menyebabkan siswa semakin frustasi dalam menghadapinya.  Untuk itu jauh hari sebelumnya, para siswa perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin agar hasil yang dicapai sesuai dengan yang diharapkan.

Hasil akhir dari ujian yang akan ditempuh oleh siswa sebenarnya sudah tergambar lebih awal dari pola pikir otak para siswa. Otak merupakan sumber dari segala respon yang akan mengantarkan para siswa menuju kenyataan di masa depan. Keberhasilan atau kegagalan yang akan mereka dapatkan.
Jadi buanglah semua asumsi negatif tentang ujian nasional.  Ujian Nasional hanya jurang sempit yang harus diloncati untuk menuju ke jenjang yang lebih tinggi.

 Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan dan dipersiapkan yang perlu disampaikan untuk para siswa yang mau menghadapi ujian nasional.  Hal ini diharapkan bisa membuang semua asumsi negati
f tentang ujian nasional.  Jika semua persiapan tersebut sudah lakukan, rasa percaya diri saat menghadapi soal, pasti akan datang dengan sendirinya.
  1. Jaga kesehatan
Kesehatan merupakan faktor utama dalam hal ini karena kesehatan merupakan modal penting dalam menghadapi segala macam kegiatan.  Kesehatan terganggu ketika akan menjalankan ujian, masa depan akan menjadi taruhan.  
  1. Persiapkan diri dengan banyak berlatih bermacam – macam soal
Dari tahun ke tahun, yang namanya ujian nasional soal – soal yang diberikan tidak jauh berbeda. Untuk itu harus banyak berlatih soal, harus bias memahami setiap bentuk soal. Pada dasarnya yang berbeda hanyalah susunan kalimatnya saja, sedangkan konsep soalnya tetap sama.
  1. Buat jadwal belajar mulai sekarang, dan fokuslah pada satu hal
Pembelajaran yang terstruktur dan terpola secara rapi maka hasilnya juga akan memuaskan. Sebagai contoh untuk membuat jadwal harian, hari Senin belajar Matematika, Selasa belajar IPA, Rabu belajar Bahasa Indonesia dan hari Kamis Bahasa Inggris dan seterusnya.  Jika konsisten dalam jadwal belajar ini, maka hasil yang didapatkan juga akan memuaskan.
  1. Berdo’a dan mintalah do’a restu dari kedua orang tua
Salah satu do’a yang paling mujarab adalah do’a orang tua kepada anaknya. mintalah restu pada orang tua kamu. Hal ini dapat menjadi spirit dan menambah rasa percaya diri yang luar biasa.
  1. Kumpulkan referensi materi ujian selengkap mungkin
Persiapkan referensi materi ujian selengkap mungkin.  Referensi bias didapatkan darimana saja.  Berbagai media sudah tersedia dengan baik.  Browsing soal-soal dari internet, buku-buku persiapan ujian nasional dan yang lainnya, bisa dengan mudah didapatkan. 



Sekali lagi setiap manusia itu memiliki kepribadian yang unik, maka dari itu mulai mempelajari diri  sendiri.  Peran serta para pengajar dan orang tua siswa sangat penting dalam hal ini.  Membantu mereka mengali keunikan dan potensi diri mereka.  Menanamkan asumsi positif tentang ujian nasional.  Tidak membebankan para siswa dengan momok kalau ujian itu menakutkan dengan banyaknya fenomena para siswanya yang tidak lulus ujian nasional.   


Salam


0 komentar:

Post a Comment