Cara Mengelola Keuangan Bagi para Ibu Rumah Tangga



Menjadi ibu rumah tangga tidaklah semudah atau sesederhana yang dibayangkan banyak orang. Karena, selain mengurus rumah tangga, seorang ibu rumah tangga umumnya juga bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan keluarga. Sehingga, pengelolaan keuangan terbaik perlu dilakukan agar keuangan keluarga dapat lebih terjaga. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk mengelola keuangan keluarga? Berikut ini beberapa cara untuk mengelola keuangan bagi para ibu rumah tangga.

Membuat Perencanaan



 Sebelum mulai mengelola keuangan, salah satu hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu yakni membuat perencanaan keuangan. Seorang ibu rumah tangga perlu mencatat segala pengeluaran secara detail serta membuat perencanaan keuangan yang tepat di setiap periodenya. Dengan membuat perencanaan keuangan, pengeluaran keuangan rumah tangga akan lebih terjaga dan uang yang dikelola dapat terjaga.

Menabung Sebagian Uang 



Selain membuat perencanaan keuangan dengan menghitung pengeluaran setiap periodenya, seorang ibu rumah tangga juga perlu mengalokasikan keuangan keluarga dalam bentuk tabungan. Menabung merupakan salah satu hal yang penting karena akan sangat berguna ketika ada pengeluaran tak terduga dalam jumlah besar. Selain itu, dengan menabung sebagian uang yang dikelola, uang yang dimiliki juga bisa bermanfaat dalam jangka waktu yang lebih lama. Sehingga, keuangan keluarga akan lebih terjaga apabila dialokasikan kedalam bentuk tabungan.

Menginvestasikan Uang yang Dimiliki



Agar dapat mengelola keuangan secara sempurna, maka seorang ibu rumah tangga juga perlu melek terhadap akses keuangan yang bisa didapat. Salah satunya yakni akses untuk melakukan investasi terhadap uang yang dimilikinya. Investasi merupakan hal yang penting untuk dilakukan karena sangat membantu para ibu rumah tangga agar uang yang didapatnya dapat berkembang. Selain itu, saat ini juga terdapat skema investasi mudah yang bisa dilakukan oleh setiap orang yakni Mekar.

Jadi, tidak perlu memahami dunia bisnis dan investasi, seorang ibu rumah tangga juga dapat berinvestasi dan mengembangkan keuangan keluarga dengan berinvestasi melalui skema investasi yang mudah seperti Mekar. Itulah ulasan bagaimana cara mengelola keuangan keluarga bagi para ibu rumah tangga. Semoga bermanfaat.


Salam


15 komentar:

  1. Wah betul banget mba, kl saya kadang mencatat uang masuk dan keluar. Jadi ketahuan deh uang habis buat apa aja :)

    ReplyDelete
  2. yap investasi emang butuh banget itu bun, biar ada tabungan dan dan enggak kena inflasi kalo nabung biasa pasti kena deh inflasi sayang *anaknya ogah rugi, wkwkw. makasih bun sharingnya ~

    ReplyDelete
  3. Investasi paling dalam bentuk rumah yang sekarang ditempati. Insyaallah harganya naik terus. Menabung uang yang masih belum wkwkw

    ReplyDelete
  4. Setuju. Aku sekarang ada yang disimpen di tabungan sama ada tabungab koin di beberapa kaleng biskuit mbak. Koin 500 sama 1000an hehe lumayan udah 3 kaleng

    ReplyDelete
  5. Iya nih susah banget kalo nabung huhu

    ReplyDelete
  6. Meneglola keuangan rumah tangga itu susah2 gampang. Apalagi kalau punya tanggungan besar. Tapi soaa menabung selalu diusahakan walau kecil jumlahnya.

    ReplyDelete
  7. yes benar, walo kudu ribet, tapi pengelolaan keuangan keluarga itu wajib dilakukan agar ada tabungan buat nanti di hari tua

    ReplyDelete
  8. Memang kudu pintar-pintar nabung untuk investasi. Buat tabungan masa depan dan untuk keperluan anak-anak yang semakin besar.

    ReplyDelete
  9. Saya pernah ikut pelatihan sejenis ini mbak. Untuk mengatur keuangan keluarga. Sangat bermanfaat banget ...

    ReplyDelete
  10. Setuju mbak, biar anggaran rumah tangga tidak mudah losses, lebih baik direncanakan dulu.

    ReplyDelete
  11. setuju mbak. suami saya juga bilang gini sih, kalau udah soal keuangan keluarga ceramahnya bisa panjang. wkwkwk..
    maklum, istrinya lagi dalam masa training jadi manager keuangan. XD

    ReplyDelete
  12. Sepakat ngatur keuangan tdk mudah butuh skill hihi...Tp semua bs dipelajari ya mb dr pngalaman atau evaluasi. Mksh atas tips2 nya...

    ReplyDelete
  13. IRT memang kudu pinter mengatur keuangan ya mbak. Bukan cuma pinter mengatur belanjaan aja, hehe. Btw saya baru tahu nih klu ada jenis investasi yang namanya mekar.

    ReplyDelete
  14. Sepakat mb
    Ibu rumah tangga emng harus pandai2 mengelola keuangann biar dapur teteup ngebul hehe

    ReplyDelete
  15. Ketiga hal diatas memang penting banget mba, apalagi untuk investasi bagi aku yang IRT dengan anak investasi ini penting banget biar nggak kelabakan nantinya kalau anak sudah besar

    ReplyDelete