Ibu Yang Sedang Menyusui Sudah Penuhi Vitamin dan Mineral Ini?



Ibu menyusui diharuskan memiliki pola makan yang bergizi dan seimbang, karena asupan nutrisi yang menjadi konsumsi Ibu akan berdampak pada kondisi kesehatan Ibu dan perkembangan si kecil. Nutrisi penting yang dibutuhkan ibu menyusui diantaranya vitamin dan mineral yang berfungsi dalam pembentukan energi. Melalui artikel ini, kita akan pelajari vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat menyusui agar tepat konsumsi.

1.  Vitamin C Untuk Kekebalan Tubuh

Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ibu yang sedang menyusui tentunya membutuhkan tubuh yang kuat untuk menghindari penyakit yang mungkin akan tertular pada si kecil.

2.  Vitamin E Sebagai Antioksidan 

Vitamin E atau tokoferol bermanfaat sebagai antioksidan alami, membantu penyembuhan dan pencegahan bekas luka, menjaga kesehatan hemoglobin dan sistem saraf, meningkatkan daya tahan tubuh, sampai meminimalkan risiko kanker.



3.  Vitamin B1, B2, B6, dan 12 Untuk Sistem Saraf 

Vitamin-vitamin ini berfungsi untuk memelihara kekebalan tubuh dan menjaga sistem saraf agar tetap sehat. Kekurangan konsumsi berbagai vitamin B ternyata akan berdampak pada si kecil seperti gangguan sistem saraf. 

4.  Vitamin D Untuk Kesehatan Tulang in

Vitamin D memiliki peran penting karena tubuh memerlukan vitamin ini untuk menyerap kalsium secara maksimal, membentuk tulang dan gigi yang kuat, hingga mencegah kanker usus dan payudara. 

 5.  Kalsium Untuk Kepadatan Tulang 

Asupan kalsium saat masa menyusui ternyata berpengaruh pada kondisi tulang ibu. Setidaknya ibu yang menyusui perlu untuk memenuhi kebutuhan kalsium sebesar 1.200 mg per harinya untuk menjaga kondisi tulang ibu agar tetap kuat.

 6.  Zat Besi Pembentuk Sel Darah Merah

 Zat besi berfungsi sebagai pembentuk sel darah merah (hemoglobin). Konsumsi zat besi yang cukup dapat membantu ibu yang baru melahirkan dan menyusui terhindar dari anemia yang akan mempengaruhi kondisi ibu menyusui menjadi tidak fit.



Nah, itu tadi beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu selama masa menyusui. Nutrisi penting tersebut dapat mudah diperoleh dari makanan seperti daging, telur, susu, sayuran hijau, hingga buah-buahan. Namun, untuk memastikan asupan hariannya mencukupi Anda bisa mengkonsumsi suplemen multivitamin dan mineral seperti Folamil yang dapat dilihat dalam situs https://www.goapotik.com/produk/folamil-kaplet-box.     


Salam


1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    ReplyDelete