Tips Diet Saat Puasa Ramadhan



Ramadhan adalah momen yang tepat untuk meningkatkan kualitas ibadah bagi masyarakat Muslim. Akan tetapi, banyak orang yang mengambil kesempatan lain. Salah satunya adalah dengan melakukan diet. Banyak orang yang memutuskan untuk diet saat puasa, karena selain momennya yang pas banyak yang sudah membuktikan perbedaan tubuh sebelum dan sesudah puasa. 

Ada beberapa cara diet sehat yang dapat anda lakukan saat puasa. Puasa pun juga dapat anda jadikan sebagai cara untuk detoksifikasi tubuh. Saat puasa anda akan mengurangi jadwal makan anda. Anda hanya boleh makan saat sahur dan berbuka puasa. Berikut adalah beberapa tips menjalankan ibadah puasa sembari diet. 

Tips Berpuasa Sambil Diet

1.  Sahur dengan menu yang tepat.

Saat sahur anda mungkin minum teh hangat, kopi, atau susu. Namun, taukah anda bahwa jenis minuman tersebut akan membuat anda merasa cepat haus. Lebih baik saat sahur anda mengkonsumsi banyak air putih untuk mempersiapkan stamina saat puasa.  Mengkonsumsi air putih juga dapat meluruhkan lemak jahat yang ada di dalam tubuh

2.  Berbuka dengan menu yang tepat



Saat buka puasa adalah momen yang paling ditunggu oleh orang yang sedang berpuasa. Akan tetapi banyak sekali orang yang saat berbuka puasa memakan makanan yang jumlahnya banyak. Sebaiknya anda makanlah makanan sehat seperti sayuran brokoli atau wortel. Makanan tersebut adalah makanan untuk kanker dan mencegahnya. 

Biasanya sehabis buka puasa ada orang yang sholat maghrib dan tarawih dulu, dan ada juga yang langsung makan besar. Tips saat makan besar adalah dengan memakan makanan yang sehat. Makanan yang sehat adalah makanan yang tidak mengandung banyak minyak, mengandung banyak gizi dan nutrisi. Tentu saja ini akan menstabilkan stamina tubuh anda. 

3.  Olahraga 

Banyak yang mengatakan bahwa olahraga mustahil dilakukan saat berpuasa. Selain menghabiskan tenaga, olahraga juga sangat melelahkan. Akan tetapi olahraga adalah cara diet sehat yang bagus. Anda dapat melakukannya 30 menit sebelum berbuka. Contoh olahraga yang dapat anda lakukan adalah jogging dan bersepeda di sore hari. 



Jadi sekalipun Anda sedang berpuasa, Anda tetap dapat mencoba cara diet sehat untuk dapat menjaga kesehatan dan bentuk tubuh Anda.

Salam




0 komentar:

Post a Comment