Semangat Kerja, Yuk! Intip Rahasia Jitunya Disini

Semangat kerja sifatnya memang naik turun. Hal itu sangat berkaitan dengan produktivitas kita sebagai karyawan.
Percaya gak percaya, gara-gara satu hal saja kita yang lagi getol-getolnya bekerja karena habis dipromosi atau naik gaji bisa mendadak gak semangat kerja. Ujung-ujungnya, kalau sudah gak semangat ya malas ke kantor.
Mungkin kamu sering merasakan hal ini di hari Minggu sore bukan? Kayaknya untuk memulai hari baru, yaitu hari Senin kok berat banget.
Buat kamu yang ingin menghindari hal ini, gak ada salahnya melakukan tujuh hal di bawah ini. Tujuannya bukan cuma biar semangat tapi juga lebih bahagia saat di kantor. 
Yuk, simak ulasannya di sini:

1. Jangan keseringan cek email

semangat kerja
semangat kerja
Studi dari Harvard menyebutkan, mengecek email bisa memproduksi hormon dopamin yang baik untuk sistem syaraf. Tapi, itu tentunya jika email yang kamu terima bersifat positif.
Kalau negatif, yang ada malah sebaliknya. Kamu malah bisa merasa semakin kecewa dengan situasi yang ada.
Sekarang, tanyakan saja pada dirimu bahwa berapa banyak email positif yang masuk dalam sehari? 
Jika memang isi kotak emailmu adalah kerjaan, kerjaan, dan kerjaan melulu, ada baiknya untuk menentukan waktu khusus untuk membuka email. Tentu bukan saat bangun tidur lho ya, dan bukan setelah jam kerja usai.

2. Selain email, cek ponsel juga harus dibatasi

semangat kerja
semangat kerja
Lagi-lagi masih dalam hal dopamin ya. Gak cuma email kok, tapi pesan dari aplikasi instant messaging, atau komentar-komentar di media sosial juga bisa sangat berpengaruh dengan semangat kerja seseorang.
Lagipula kalau kerja tapi main-main ponsel mulu, tentunya bisa dianggap gak profesional sama si bos. Setuju gak?

3. Makan sehat

semangat kerja
semangat kerja
Badan yang sehat tentu bisa menghasilkan semangat kerja yang maksimal juga dong. Gizi yang terkandung di makanan-makanan sehat tentu bisa memperbaiki mood kita, sekaligus juga menambah energi untuk bekerja.
So, jangan kebiasaan makan atau jajan kudapan bermicin ya. Itu sama sekali gak sehat dan malah bisa berbahaya terhadap kesehatan. 
Jika makanan sehat yang disediakan katering dirasa cukup mahal, masak sendiri saja. Pasti lebih murah ketimbang jajan atau beli makanan di dekat kantor.

4. Ngopi

semangat kerja
semangat kerja
Kafein memang bisa membuat kita melek, dan secara gak langsung tentu bikin semangat kerja dan mood kita naik. 
Gak usah mahal-mahal, kopi sachet juga bisa membangkitkan semangatmu saat mau meeting. Cukup sehari sekali saja, dan minumlah pada pukul 10.00 atau setelah makan siang. Keseringan ngopi juga gak baik, nanti tidurmu bisa terganggu.

5. Tinggalkan ruangan kerja sesekali

semangat kerja
semangat kerja
Daripada bosan di meja terus, sesekali tinggalkan saja ruang kerjamu. Kelamaan di meja kerja tentu gak baik, dan bisa bikin stres.
Ketika ada waktu luang, ajak saja rekan kerjamu untuk ngobrol santai di luar kantor. 

6. Puji rekan kerja lainnya

semangat kerja
semangat kerja
Gak cuma kamu, semangat kerja rekan-rekanmu juga bisa makin meningkat saat mereka menerima pujian dari rekannya. Cobalah memberi feedback positif ke mereka sesekali saat mereka membukukan sebuah prestasi.
Di masa yang akan datang, di saat kamu berhasil maka ucapan ini pun akan datang kepadamu dari mereka. 

7. Perbanyak bercanda

semangat kerja
semangat kerja
Gak usah serius-serius amatlah kalau kerja. Sedikit bercanda itu wajar saja, asal kamu gak menyinggung rekan kerja lain. Sedikit tawa tentu bisa cukup membuat semangat kerja. 
Itulah tujuh hal yang bisa kamu lakukan agar tetap semangat dan bahagia di kantor. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!

0 komentar:

Post a Comment