Buah Asam Keranji, Kekayaan Hutan Kalimantan yang Hampir Terlupakan


Sumber : steemit

Buah Asam Keranji, Kekayaan Hutan Kalimantan yang Hampir Terlupakan. Mudik beberapa waktu yang lalu benar-benar membawa kesan mendalam bagi saya. Lama tidak mudik kadang membuat hati ini sangat rindu dengan kampung halaman. Apalagi pas kemarin ketika jalan-jalan ke pasar tradisional, mata ini langsung tertuju pada sebuah lapak yang sedang ditunggu oleh seorang nenek tua. Ternyata nenek itu menjual sebakul buah yang sangat tidak asing yaitu buah Kuranji atau Keranji. Asam keranji yang menjadi salah satu buah favorit saya itu ternyata zaman sekarang masih ada dijual oleh sebagian orang.

Gerakan WALHI untuk penyelematan hutan menjadi ruang segar deh untuk kelangsungan berbagai buah langka yang tersebar dimana-mana, salah satunya buah keranji ini. Saking penasarannya dengan buah yang satu ini, akhirnya saya browsing deh seputar buah kuning kecil ini. Asam keranji dalam bahasa Inggris dikenal sebagai velvet tamarind.  Salah satu makanan dari hutan ini memiliki daging buah kecil sangat lembut semacam beludru cokelat. Rasanya cukup mirip dengan asam jawa, manis-asam. Namun, jika dibandingkan dengan asam jawa, untuk asam keranji ini rasanya lebih manis, lebih kering akan teksturnya, dan juga berdaging lembut. Daging buah semacam beludru cokelat tersebut terlihat menyelimuti biji nya yang cukup kecil.

Dulu saya mengira buah kecil ini hanya tumbuh di Kalimantan, ternyata juga tumbuh di luar negeri loh! Seperti di Thailand dan Malaysia. Buah asam keranji ternayata juga sangat populer di Sierra Leone, Ghana, serta Nigeria di Afrika barat. Kalau di Indonesia selain di Kalimantan maka tumbuh juga di Jawa dan Sumatera.

 Sumber : indozone

Daging buah keranji yang merupakan salah satu makanan dari hutan ini biasanya diolah dalam bentuk pasta, yang juga dicampur dengan gula, sambal, serta garam dan akan dijual dalam sebuah kemasan plastik. Asam keranji ini juga bisa diolah dalam bentuk lain, dibuang kulit luarnya kemudian langsung dicampur dengan gula, atau sambal dan bahan lainnya. Biasanya akan langsung ditawarkan bergantung dari kreativitas penjual, dengan berbagai pilihan rasa pedas ataupun manis.

Manfaat dan Khasiat Asam Keranji

Hasil browsing saya dengan buah kecil ini akhirnya sampai juga pada khasiat yang terkandung dalam buah ini. Buah yang selama ini saya sukai bahkan menjadi makanan favorit saya sejak kecil mengandung banyak sekali manfaat buat kesehatan.

1. Ampuh Untuk Meredakan Penyakit Sariawan

Diketahui mengandung vitamin C, maka buah keranji ini bisa mengobati sariawan. Bibir yang pecah-pecah serta tenggorokan kering sangat mudah teratasi hanya dengan mengonsumsi keranji. Jika diimbangi dengan makan berbagai buah berair banyak, maka sariawan yang Anda derita akan cepat teratasi dengan segera.

2. Mengobati Diare Serta Berbagai Masalah Pencernaan Lainnya

Buah Keranji salah satu makanan dari hutan ini ternyata juga dipercaya sebagai salah satu obat untuk bisa menyembuhkan penyakit yang sangat berhubungan dengan saluran pencernaan, salah satunya yaitu diare. Di balik rasanya yang asam manis ini, buah keranji ternyata menyimpan banyak sekali khasiat yang cukup sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kan tidak lucu deh kalau kamu cukup malas untuk beraktivitas hanya karena sedang terserang diare?

 Sumber : picpanze

3. Menyembuhkan Gusi Berdarah

Tak hanya untuk menyembuhkan sariawan, buah keranji yang mengandung vitamin C ini juga sangat mampu mengobati gusi yang berdarah. Gusi berdarah yang Anda derita karena sangat kurang menjaga kesehatan mulut serta asupan makanan bisa mudah teratasi dengan adanya buah ini. Dijamin deh! Apabila hal ini udah teratasi maka selera makanmu pasti berjalan sukses.

4. Anti Kolesterol Jahat

Nah, ini dia nih poin utama dari khasiat buah keranji yang sudah banyak bahkan harus  diketahui oleh masyarakat banyak. Buah keranji ini merupakan salah satu buah yang cukup sangat efektif untuk mengobati kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Selain untuk mengonsumsi makanan sehat serta menghindari makanan yang berlemak, maka kamu bisa mengonsumsi buah keranji untuk bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh.

Mengingat kembali masa kecil saya dulu, selain dikonsumsi buah keranji ini juga biasanya akan dijadikan mainan dengan cara saling diadukan pada kulit permukaannya sampai pecah. Nah, buat kamu semua perlu tau deh akan ke istemewaan buah ini. Makanan dari hutan yang kaya sekali manfaat, dijamin tidak bakalan rugi jika kamu semua mau mengenal dan menikmati sensasi rasanya yang sangat aduhai ini, asam-asam manis yang sangat menggugah selera

#PulihkanIndonesia 
#RimbaTerakhir 
#WALHIXBPN 
#HutanSumberPangan 
#BlogCompetitionSeries 

Salam,

0 komentar:

Post a Comment