Cerdas Memilih! Rekomendasi Permainan Anak Laki-Laki yang Cocok Untuk Tumbuh Kembang



Mainan untuk anak-anak itu tak cuma sebagai sebuah benda penghilang rasa bosan, akan tetapi juga digunakan untuk merangsang kemampuannya dalam berbagai hal. Oleh karena itu sebagai orang tua ataupun orang dewasa, maka Anda memang tidak boleh menyepelekan fungsi dari mainan. Untuk anak laki-laki tentunya ada berbagai jenis mainan yang sangat khusus bisa membantunya dalam belajar banyak hal.

Biasanya Anak Laki-Laki Menyukai Jenis Mainan yang Bersifat Maskulin

Bermain bagi anak-anak di usianya memang termasuk hal yang sangat penting. Meskipun terlihat sepele. Akan tetapi bermain bersama teman sebaya itu secara tidak langsung akan menjadi sebuah kegiatan yang melatih anak untuk bisa bersosialisasi. Berbagai permainan bisa mengembangkan daya pikir untuk bisa berkembang anak secara kreatif.

Pada aktivitas bermain, maka biasanya akan banyak anak menggunakan alat permainan. Jika anak perempuan itu cenderung akan suka memainkan boneka yang mencerminkan seorang figur ibu. Bisa juga menyukai miniatur dari peralatan dapur, berbeda dengan anak lelaki yang pada umumnya akan lebih suka permainan yang bernuansa maskulin.  Seperti halnya action figure, pedang mainan, topeng super hero, dan lain sebagainya.

Perbedaan jenis permainan ini secara tidak langsung akan memberikan sebuah pengaruh pada peran yang ada di pikiran anak-anak. Biasanya, untuk alat permainan yang mereka gunakan itu mencerminkan sebuah figur yang ingin mereka tiru. Jadi janganlah Anda remehkan karena alat permainan yang digunakan itu juga bisa berdampak besar pada pola pikir, sikap serta juga kreativitas anak-anak.

Berikut ini ada beberapa alat permainan anak laki-laki yang menjadi rekomendasi buat Anda para orangtua, yaitu :

Mobil-Mobilan yang Bisa Dinaiki

 
Anak-anak itu sangat suka meniru berbagai kegiatan yang dilakukan oleh para orang tua. Biasanya, anak lelaki itu cenderung untuk menjiplak apa yang dikerjakan oleh sang ayah termasuk juga pada saat mengendarai kendaraan. Tidak heran jika memang banyak anak yang ingin sekali menaiki motor ataupun mobil lalu pura-pura untuk mengemudikannya.

Untuk mainan, maka Anda bisa memberikan mobil-mobilan yang bisa dinaiki. Sebuah mainan ini bisa melatih sistem motorik sekaligus juga sensorik. Selain akan sangat menyenangkan, maka permainan ini juga bisa melatih konsentrasi anak serta Anda bisa untuk mengajarkan berbagai hal yang boleh dilakukan ataupun tidak dilakukan selama mengemudi meski si kecil belum sepenuhnya akan paham.

Bola

 

Bermain bola bersama dengan anak bisa menjadi sebuah kegiatan yang sangat menyehatkan sekaligus bisa menjalin ikatan terutama di antara ayah dan anak. Permainan bola ini mungkin terlihat sederhana, tetapi anak Anda akan sangat mengingat momen yang telah dihabiskan bersama dengan orang tua mereka. Selain bermain bola basket ataupun sepak bola, maka Anda juga bisa bermain “mandi bola” yang sangat cocok bagi anak-anak.

Sepeda

 

Tumbuh kembang si kecil di usia dini aka menjadi salah satu hal yang perlu sangat diperhatikan. Anda bisa melatih sistem motorik anak untuk bisa membantu proses tumbuh kembang badan dengan terus mengajak mereka berolahraga seperti halnya bersepeda. Kegiatan seperti ini juga bisa melatih anak untuk bisa belajar konsentrasi serta juga keseimbangan.

Layang-layang

 

Pergi liburan? Maka tidak ada salahnya jika Anda mau membawa mainan sederhana seperti halnya layang-layang. Permainan tradisional yang satu ini mungkin memang kalah populer jika dibandingkan dengan permainan virtual yang ada di era teknologi tapi tidak berarti akan tak seru untuk dimainkan. Permainan layang-layang ini bisa menjadi sebuah kegiatan seru di pantai serta mendekatkan Anda dengan si kecil.

Mainan Remote Control

 

Pada saat bermain mainan dengan remote control, maka Anda bisa mengubahnya menjadi terlihat lebih menarik dengan berlomba bersama dengan si kecil. Lomba seperti ini bisa memberikan motivasi serta akan melatih sikap kompetitif yang sangat positif supaya si kecil bisa terlatih untuk bisa meraih tujuan mereka.

Inilah beberapa permainan anak laki-laki yang direkomendasikan untuk para orangtua untuk memberikan respon positif buat tumbuh kembang mereka. Jadi janganlah Anda sepelekan hal tersebut. Karena hal ini juga berperan cukup penting buat tumbuh kembang mereka.


Salam



0 komentar:

Post a Comment