Cuma 50 Ribu! 5 Cara Mewarnai Jaket Lama Dari Bahan Jeans



Kamu punya jaket yang berbahan jeans tapi memepunyai warna yang mulai pudar? Mau dibuang sayang, tapi mau dipakai juga sudah gak kece lagi. Kualitas jaket dari kain jeans memang sangat awet dari segi ketebalan, tapi kadang untuk warnanya bisa terlihat memudar seiring dengan berjalannya waktu. Tapi untuk hal ini bisa kamu siasati dengan mewarnai jaket jeans yang kamu punya.

Kamu bisa lho untuk menyulap jaket jeans lama akan terlihat jadi seperti baru lagi dengan cara mewantek. Pewantekan yaitu suatu proses pewarnaan ulang yang dilakukan pada kain, ataupun memberi warna baru sesuai dengan selera. Wantek merupakan sebutan untuk sebuah zat pewarnanya.

Kamu gak perlu pergi ke tempat jasa pewantekan, jadi kamu bisa mewarnai jaket jeans lama kamu sendiri di rumah dengan hanya  modal sekitar Rp 50 ribu. Mau tahu cara untuk mewarnai jaket jeans lama kamu?

Siapkan Wantek Sesuai Warna Jeans

Wantek merupakan zat pewarna kain yang sangat dikenal juga sebagai sebuah naftol serta wenter oleh beberapa orang. Pada awalnya wantek merupakan merek sebuah serbuk pewarna kain yang bernama “Wantex”. Orang-orang kemudian biasa menyebutnya sebagai sebuah proses pewarnaan sekaligus.

Sebelum kamu mewantek celana, baju atau jaket berbahan jeans, maka pilihlah warna wantek yang paling cocok dengan pakaianmu. Wantek itu tersedia dalam berbagai banyak pilihan warna. Bahkan satu warna masih bisa terbagi lagi menjadi beberapa tone yang sesuai intensitasnya.


Cuci Bersih Jaket yang Akan di Wantek

Setelah kamu menemukan warna wantek yang sesuai, maka siapkan jaket yang akan kamu warnai ulang. Sebelumnya pisahkan menurut warnanya supaya hasil pewantekan terlihat lebih optimal.

Cuci bersih jaket yang akan kamu wantek sampai bersih, supaya pewarnaan terlihat lebih merata. Kemudian jemur sampai kering sebelum kamu melakukan pewantekan.



Larutkan Wantek Dalam Air Mendidih

Kamu siapkan panci besar yang kapasitasnya memang cukup untuk merendam jaket yang akan diwantek. Isi dengan air kemudian panaskan sampai mendidih. Masukkan serbuk wantek, setelah itu aduk-aduk sampai tercampur rata.

Sebaiknya kamu pilih panci bekas yang sudah tidak digunakan untuk memasak. Karena proses dari pewantekan itu biasanya meninggalkan noda warna yang ada di permukaan dalam panci. Bisa dihilangkan, tapi kurang disarankan untuk dipakai memasak kembali.

Rebus Jaket Dalam Larutan Wantek

Setelah larutan pewarna sudah siap, lalu masukkan jaket yang akan diwantek dalam keadaan api yang masih menyala. Aduk-aduk jaket dengan menggunakan bantuan spatula kayu seperti kamu sedang merebus sayuran.

Lakukan proses pewantekan dengan menggunakan api kecil, atau kamu tambahkan air jika sudah terlihat nampak surut. Proses ini diketahui membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 20 menit. Jangan lupa kamu bolak-balik jaket sesekali supaya pewarnaannya merata. Setelah selesai, kamu matikan api kemudian biarkan jaket tetap terendam sampai larutannya dingin.



Bilas Jaket Kemudian Jemur di Tempat Teduh

Lakukan proses pembilasan jaket jika larutan wantek sudah terlihat benar-benar dingin. Hal ini dilakukan supaya warna yang baru melekat dengan baik. Pembilasan ini memakan waktu yang cukup agak lama, dilakukan sebanyak 4 sampai 5 kali untuk bisa menghilangkan bagian warna yang luntur. Jemur jaket setelah proses pembilasan tersebut selesai. Hindari untuk menjemur di bawah sinar matahari secara langsung supaya warnanya lebih awet.

Harga untuk satu bungkus serbuk wantek terbilang cukup murah. Rata-rata hanya sekitar Rp20 ribuan. Bahkan ada juga yang hanya dihargai Rp5 ribu tapi tentu saja dengan sebuah kualitas kurang baik. Dengan modal segitu, maka jaket jeansmu jadi kelihatan seperti baru lagi.


Salam




0 komentar:

Post a Comment