Anak Pintar! Ketahui Moms, Ciri-ciri Kalau Si Kecil itu Anak yang Pintar


 
Bagi kebanyakan dari moms, buah hati sendiri adalah anak yang paling cerdas. Setiap hal yang sudah bisa anak lakukan seiring pertumbuhannya sering dijadikan bukti oleh moms kalau anak memang lebih pintar dibanding yang lain.

Tapi tentunya penilaian tersebut sangatlah subjektif. Sebenarnya, jika moms benar-benar ingin tahu serta bisa membuktikan kalau buah hatinya cerdas, tidak sulit kok. Tinggal jadi detektif, dan temukan ciri-ciri anak pintar ini!

Sering Celingak Celinguk

Nah moms coba deh, kita perhatikan si kecil. Apakah anak suka celingak celinguk dan selalu memperhatikan apa saja yang ada di dekatnya? Jika memang ya, mungkin anak adalah anak yang cerdas dan penasaran secara visual.

Hal ini menandakan bahwa anak kita itu cenderung sadar dan penasaran akan lingkungan sekitarnya. Apalagi ketika anak celingak-celinguk pada saat ada suara yang muncul. Ini petanda bahwa ia mulai mengenali suara yang didengarnya, dan berusaha mencari sumber.

Bisa Konsentrasi Penuh Melihat Satu Hal

Biarpun sering celingak celinguk, si kecil yang pintar ini biasanya juga bisa sangat fokus ketika sedang memperhatikan ataupun melakukan sesuatu. Misalnya, anak akan fokus pada saat berusaha menyelesaikan puzzle yang kita belikan sampai selesai baru mulai memainkan hal-hal lain.

Mudahnya si kecil untuk bisa fokus tanpa pernah merasa bosan dan pantang menyerah seringkali menjadi sebuah pertanda kalau si kecil merupakan seorang anak yang cerdas.

Konsentrasi yang ia miliki pun bisa membantunya dalam mempelajari segala sesuatu dengan lebih cepat dan mudah. Kita bisa memanfaatkan ini untuk mengajarkannya banyak hal semenjak dini!

Senang Tertawa Sejak Kecil

Ayo coba moms ingat-ingat. Pada usia berapa si kecil bisa mulai tertawa pada waktu dulu? Ternyata, cepat lambatnya tawa si kecil muncul itu bisa memprediksi tingkat kepintarannya lho!

Semakin awal anak tertawa menunjukkan potensi yang semakin tinggi untuk tumbuh cerdas Alasannya, anak tentu harus bisa memahami apa yang anak lihat dan dengar untuk menganggapnya lucu, bukan?

Berarti, semakin cepat anak tertawa menandakan kecepatannya dalam hal memperhatikan dan mempersepsikan dunia di sekelilingnya.

Mudah Mengingat Orang dan Barang di Sekitarnya

Ingatan yang kuat bisa menjadi sebuah indikasi kepintaran si buah hati. Hal ini ditunjukkan setidaknya pada dua hal. Pertama, bila anak mudah mengingat wajah orang-orang yang ditemuinya.

Moms bisa melihat siapa yang masih familiar baginya atau sudah dilupakan dengan melihat reaksinya ketika nanti bertemu orang kembali.

Kedua, anak bisa mengingat tempat mainan yang disimpan atau yang kita sembunyikan. Biasanya anak akan mencari di tempat yang sama, atau terakhir kali dimainkan.

Si kecil Bisa Menyelesaikan Masalah yang Diberikan Padanya Dengan Mudah

Tentunya kita pernah melakukan berbagai trik untuk bisa menghindari si kecil melakukan sesuatu ataupun memang hanya sekedar iseng untuk bermain dengannya.

Misalnya, memasukkan tangannya yang sering mengucek mata ke dalam celananya. Atau, menaruhnya di sekeliling bantal tinggi supaya ia tidak bisa keluar dari area tersebut.

Nah, bila si kecil bisa dengan mudah mempelajari berbagai hal yang bisa dilakukannya untuk berhasil bebas dari keisengan moms, itu juga merupakan sebuah pertanda bahwa anak yang cukup cerdas!

Banyak Bertanya

Di usia ketika anak sudah mulai bisa berbicara dengan lancar, coba kita perhatikan apakah si kecil sangat sering untuk bertanya akan berbagai hal ataukah tidak. Anak yang pintar biasanya mempunyai ciri untuk selalu penasaran dan ingin tahu akan semua hal.

Jadi, kalau si buah hati banyak bertanya mengenai berbagai fungsi barang yang ada di rumah, mengenai buku cerita yang kita bacakan atau mengenai berbagai hal apapun, bisa jadi si kecil adalah seorang anak yang jenius.

Punya Hobby Sejak Kecil

Semua orang itu pasti mempunyai hobi yang senang untuk terus dilakukannya. Namun bila si kecil sudah mempunyai hobi yang terus ia geluti sejak kecil, mungkin ini merupakan suatu pertanda positif bagi moms.

Salah satu ciri yang dimiliki anak jenius yaitu ia akan sangat senang mempelajari suatu hal sampai mendalam. Hal tersebut menunjukkan akan ketahanan belajar yang tinggi dan gairah yang tersulut sejak dini.

Si kecil yang senang menggambar, berhitung dan terus menggelutinya sejak kecil maka bisa jadi seorang individu yang cakap dalam bidang tersebut kedepannya.

Berbagai hal di atas merupakan beberapa ciri yang biasanya ditunjukkan anak-anak yang pintar. Namun untuk mengetahui lebih pasti, tentunya kita harus mengeceknya pada ahli yang memang sudah berlisensi dan terpercaya ya moms.

Moms juga harus ingat kalau setiap anak kecil itu pasti berbeda-beda. Jadi, jangan terlalu buru-buru untuk menganggap anaknya kurang pintar kalau belum menunjukkan ciri-ciri yang ada di atas. Bisa-bisa, anak hanya terlambat menunjukkannya.

Perlu diingat juga, kecerdasan anak nggak hanya disebabkan oleh faktor gen ataupun lingkungan tempat ia dibesarkan.

Salam



0 komentar:

Post a Comment