6 Bahan Alami Untuk Penyakit Kulit Kurap

Gambar : Natur


Kurap merupakan sebuah infeksi jamur yang biasa menyerang area kulit. Penyakit kulit kurap ini memang cukup meresahkan dan mengganggu karena adanya sensasi gatal dan kering yang dirasakan. Belum lagi kalau kurap juga bisa mengganggu penampilan sehingga bisa membuat orang-orang akan menjauh dari Anda.

Untuk hal ini Anda memang tidak perlu resah karena cara untuk menghilangkan kurap bisa dilakukan di rumah. Berbagai bahan alami ini bisa menjadi alternatif untuk mengobati kulit yang telah terinfeksi kurap.

Berikut ada beberapa cara untuk menghilangkan kurap dengan menggunakan bahan alami yang bisa Anda lakukan di rumah:

Minyak Kelapa

Salah satu cara untuk mengobati penyakit kulit kurap dengan menggunakan bahan alami yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa ini mengandung zat antijamur dan antimikroba serta sangat mudah untuk menyerap di kulit sehingga bisa menjadi cara mengobati kurap yang sangat efektif. Anda bisa menghangatkan minyak kelapa tersebut terlebih dahulu di microwave ataupun kompor. Lalu, Anda oleskan minyak kelapa pada kulit yang telah terinfeksi sebanyak tiga kali sehari.

Kunyit

Penggunaan kunyit bisa dilakukan dengan cara mengonsumsinya maupun juga mengoleskannya pada bagian kulit yang telah mengalami kurap. Anda bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan air ataupun minyak kelapa, kemudian aduk sampai mengental. Selanjutnya gunakan sebagai salep untuk bisa mengobati kurap.

Oleskan salep kunyit tersebut di kulit yang telah mengalami kurap dan diamkan sampai mengering. Jika Anda ingin mengonsumsi kunyit, maka Anda bisa mencampurkan bubuk kunyit ke dalam air, teh, maupun makanan.

 

Gambar : Dr. Batras


Minyak Pohon Teh (tea tree oil)

Keefektifan minyak pohon teh ini sudah terbukti sebagai cara untuk mengobati penyakit kulit kurap. Anda bisa menaruh minyak pohon teh ini secara langsung di kulit yang mengalami kurap. Bila kulit Anda sensitif, maka sebaiknya campurkan tea tree oil dengan minyak kelapa terlebih dahulu. Mengoleskan tea tree oil secara langsung pada kulit yang mengalami kurap bisa dilakukan sebanyak 2 – 3 kali sehari menggunakan kapas.

Lidah Buaya

Kandungan antibakteri, antijamur, dan antivirus yang terdapat dalam lidah buaya bisa menjadi sebuah alternatif cara untuk mengobati kurap serta bisa mengatasi gatal dan radang akibat kurap. Disini Anda bisa menggunakan gel dari lidah buaya ataupun salep yang mengandung lidah buaya tersebut langsung di kulit yang mengalami kurap sebanyak 3 – 4 kali sehari.

Akar Manis (licorice)

Anda bisa menggunakan akar manis dengan cara mencampurkan dan merebus 3 sendok makan bubuk akar manis dengan air. Ketika sudah mendidih, maka kecilkan api dan biarkan campuran tersebut mendidih selama 10 menit. Setelah itu, Anda aduk campuran sampai menjadi kental dan gunakan sebagai salep.

Ketika campuran yang mengental itu sudah tidak panas lagi, maka Anda bisa mengoleskannya di kulit yang mengalami kurap dan didiamkan selama kurang lebih 10 menit sebanyak 2 kali sehari.

 

Gambar : serendipity


Air Garam

Air garam juga Anda manfaatkan untuk menangani kurap. Disini Anda hanya perlu menyiapkan wadah yang berisi air hangat, kemudian tuangkan setengah atau seperempat cangkir garam ke dalamnya. Setelah itu aduk sampai merata, kemudian Anda usapkan air garam ke area kulit yang telah terinfeksi kurap menggunakan kapas atau dituangkan begitu saja. Diamkan selama kurang lebih 5-10 menit dan lakukan 3 kali sehari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Inilah beberapa cara untuk mengobati penyakit kulit kurap yang sangat mengganggu. Jangan biarkan penyakit ini menyerang Anda terlalu lama karena pastinya akan sangat mengganggu penampilan Anda dan penyakit ini bisa menular ke yang lainnya.

Salam




0 komentar:

Post a Comment