Gampang Banget! Cara Menyetrika Cepat dan Rapi



Pakaian kusut itu sering membuat kita sangat tidak percaya diri ketika akan mulai beraktivitas. Malah, seringkali jadi sebuah nilai minus di berbagai momen penting, seperti pada saat wawancara pekerjaan. Rasanya memang ada yang membuat penampilan kita jadi tidak sedap untuk dipandang. Masalahnya, dengan menyetrika pakaian juga sering jadi sebuah “pekerjaan” yang sangat memberatkan. Tapi kali ini kita akan membahas cara menyetrika cepat dan rapi, sehingga membuat kita lebih senang lagi dengan aktivitas ini.

Rasa malas itu seringkali akan timbul begitu harus menyetrika pakaian. Apalagi, jika ada beberapa “tahapan” dari menyetrika yang perlu kita lakukan dan malah membuat kita sangat malas.

•    Kita harus menyiapkan meja setrika

•    Kemudian menyalakan alat setrika

•    Lalu mengatur panas yang kita dibutuhkan

•    Kemudian menunggu sampai panas.


Makin terasa sangat menyebalkan bila kita sedang terburu-buru, maka rasanya memakan banyak sekali waktu meskipun hanya untuk menyetrika satu buah pakaian.




Menyetrika pakaian itu memang sangat penting banget! Beberapa dari pakaian itu memang sangat wajib untuk disetrika supaya tampak terlihat rapi dan licin pada saat dipakai. Apalagi kalau pakaian yang akan dipakai di berbagai acara penting, pastinya kita sangat tidak mau tampil lusuh, kan?

Padahal, sebenarnya untuk pekerjaan menyetrika ini cukup sederhana, lho. Jika kita lakukan dengan benar, hanya dalam waktu yang singkat pun bakal sangat rapi! Tidak  percaya? Yuk, kita coba 5 tips menyetrika cepat dan rapi berikut ini!

Gunakan Aluminium Foil

Cara menyetrika yang satu ini memang tidak terlihat umum. Tapi tahukah kalau kita  menyetrika dengan menggunakan lapisan aluminium foil bakal bikin pakaian lebih cepat rapi

Coba deh, taruh sebuah aluminium foil di atas sebuah papan atau alas setrika. Panas dari setrika itu akan dipantulkan dan tembus ke sisi lawan pada pakaian, sehingga kita tidak perlu membolak-balikkannya. Lebih sangat hemat waktu!

Setrika dari Dalam

Menyetrika dari dalam itu memang sangat terkenal ampuh untuk bisa membuat pakaian cepat licin dan rapi. Khususnya untuk pakaian yang berbahan tebal dan jersey. Selain itu, jika kita menyetrika kerah dan bagian kancing kemeja dari depan, maka biasanya pakaian akan jadi lebih cepat mengerut. Supaya pakaian lebih awet, maka setrika saja dari bagian dalam! Teknik seperti ini juga sangat cocok digunakan jika bagian depan pakaian terdapat sablonan.

Gunakan Gulungan Handuk

Cara menyetrika cepat dan rapi yang selanjutnya yaitu dengan cara memanfaatkan gulungan handuk. Gunanya yaitu untuk menyetrika kemeja lengan panjang supaya tidak berlipat.

Caranya, taruh saja sebuah gulungan handuk kecil tersebut ke dalam lengan baju. Kemudian, setrikalah seperti biasa, baju akan terlihat rapi tanpa ada lipatan di sisi lengan!

 




Atasi Lengket Secepat Mungkin

Pada umumnya setrikaan itu sudah memiliki sebuah lapisan anti lengket, tapi biasanya akan terkikis jika setrikaan sudah mulai tergores benda-benda keras. Pada akhirnya, setrikaan lengket inilah yang nantinya akan menghambat! So, jika kita sudah menemukan setrikaan sudah mulai lengket, maka segera atasi atau ganti!

Atur Prioritas

Tingginya sebuah tumpukan pakaian yang harus disetrika itu seringkali membuat kita jadi sangat malas untuk mulai menyelesaikannya. Jika kita merasa seperti ini, maka saatnya kita membuat prioritas!

Cicil setrika dari pakaian yang akan dipakai dalam waktu dekat. Untuk pakaian yang lain yang belum akan dipakai bisa kita setrika di keesokan hari. Kita juga bisa mengelompokkan pakaian berdasarkan kebutuhannya. Blus atau kemeja yang akan dipakai untuk pergi ke kantor tentu harus rapi, tapi untuk pakaian santai seperti kaos mungkin tak perlu terlalu rapi dan sempurna. Ini akan membuat kita lebih santai pada saat menyetrika.

Nah, moms inilah beberapa cara menyetrika dengan cepat dan rapi yang bisa kita terapkan di rumah. Jadi rutinitas kita dengan setrikaan tidak membuat kita merasa kesal dan jenih. Lebih enjoy untuk menikmati aktivitas seru ini!




Salam




19 komentar:

  1. wah noted nih mbak, aku tuh paling malas urusan menyetrika ini.. lebih senang mencuci drpd nyetrika baju. wkwkwk
    mau ah cobain Aluminium Foil buat alas menyetrika, aku belum pernah coba nih

    BalasHapus
  2. saya baru tahu loh mba untuk cara menyetrika dengan menggunakan aluminium foil ini, ternyata bisa bikin rapi ya, bsia saya pratekin niy mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, silahkan dicoba semoga bisa membantu mempercepat kita ketika menyetrika

      Hapus
  3. Aku juga malas kalo setrika apalagi menyetrika baju yang jahitannya rumit. Ide pakai gulungan handuk ini patut dicoba. Kliatannya cukup memudahkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa, sama banget saya mah paling males nyetrika

      Hapus
  4. wah, baru tau nih Mbak cara menyetrika dengan cepat ini.
    penasaran nih dengan yang menggunakan aluminium foil itu.
    kalau yang cara kedua sih sebenarnya sering apalagi kalau untuk kemeja tapi tetap aja lagi luarannya juga disetrika, berasa kurang aja kalau gak setrika bolak balik :D

    BalasHapus
  5. Berguna banget mba infonya. Kebeneran saya ibu yang sedang bergulat gimana biar setrikaan cepat disetrika :)

    BalasHapus
  6. Aluminium foil, mau cobain deh mbak.
    Soalnya aku kalau nyetrika baju suka buru2 kalau mau berangkat kerja baru nyetrika :D siapa tau pake aluminium foil jadi bisa cepet rapi :)

    BalasHapus
  7. Wah menyetrika itu pekerjaan paling malas buat saya, selama londry ke tetangga. Jika dl pas skolah masuk jdwal londry nya tiap minggu sekarang jd swbulan sekali

    BalasHapus
  8. Hmmm... tau aja nih Mbak rini gimana masalah yang dihadepin buibu sejagad raya haha.... oya kl setrikaan udah lengket langsung ganti aja ya. Ibu saya dulu ngajarin, dilapisi daun pisang biar gak lengket. Jadi daunnya yang gosong

    BalasHapus
  9. Saya baru tau kalau menyetrika pakai alas aluminium foil bisa lebih mudah licin. Perlu banget dicoba cara ini. Saya paling suka tulisan tentangtips-tips praktis seperti ini, karena bisa langsung dicoba dan berguna banget. Makasih infonya ya ...

    BalasHapus
  10. Wah mbak menarik sekali ini. Bisa dicoba nanti pas mau nyeterika.

    BalasHapus
  11. Menggunakan gulungan handuk ini adalah tips baru buat saya. Mau coba ah, soalnya selalu kesulitan menyetrika di bagian lengan ini. Makasih ya tipsnya.

    BalasHapus
  12. Wew..mau jajalin ah, keknya berguna banget buat saya yang kadang males setrika 😁

    BalasHapus
  13. Ga kebayang saya mesti pake auminium foil ketika mau nyetrika. Tapi keknya seru juga sebagai percobaan hehe. Saya juga termasuk tipikal yang lebih seneng nyuci daripada menyetrika. Ohya, biasanya biar ga begitu kusut, pakaian yang baru diangkat dari jemuran itu saya lipat, biar lebih gampang dan kusutnya ga bertambah.

    BalasHapus
  14. Menyetrika adalah pekerjaan yang paling malas kulakukan. Hihii

    Save dulu. Nanti kalau ada niatan nyetrika bisa dicoba. 😁

    BalasHapus
  15. owh jadi tentukan prioritas yah

    BalasHapus