5 Keunggulan Pertamax Dibanding yang Lainnya

 




5 Keunggulan Pertamax Dibanding yang Lainnya. Harga bahan bakar minyak (BBM) produk PT Pertamina jenis Pertamax memang di atas harga Premium dan Pertalite. Meski tidak lebih mahal, Pertamax banyak mempunyai keunggulan jika dibandingkan dengan Premium dan Pertalite.


Apa saja keunggulan Pertamax di samping punya angka oktan yang lebih tinggi? Berdasar penjelasan dari situs Pertamina, sedikitnya terdapat 5 keunggulan Pertamax dibanding premium dan pertalite.


Punya lebih molekul anti ngelitik atau anti detonasi saat mesin berakselerasi. Zat anti ngelitik ini dinamakan oktan. Dalam bahan bakar ada molekul iso oktan atau biasa dinamakan oktan. 


Pertamax punya angka oktan 92 di atas Premium yang hanya 88 dan Pertalite 90. Makanya tahan kompresi tinggi, dapat untuk spek mesin yang mempunyai rasio 10 : 1 sampai 11 : 1. 




Walau rasio kompresi tinggi namun mesin tidak ngelitik. Mesin kompresi tinggi dapat menciptakan ledakan yang besar di ruang bakar dan dikonversi jadi power yang gede. Sesuai dengan spek motor-motor sekarang yang mesti tepat guna tapi powernya besar.


Keunggulan lain dari Pertamax, sesuai untuk mesin yang telah injeksi atau untuk mesin EFI. Sebagaimana Anda tahu, motor-motor sekarang sudah mesti sistem injeksi. Mesin yang memakai sistem injeksi ini supaya hemat bahan bakar, rendah emisi dan power lebih banyak di seluruh tingkat putaran mesin (rpm) dibanding mesin yang masih karburator.


Ketiga, Pertamax dilengkapi dengan ecosave technology, yaitu etergency yang dapat membersihkan bagian dalam mesin. Termasuk kebersihan ruang bakar mesin hasil pembakaran. Ini yang membuat mesin jadi jarang melakuka servis besar. Sebagaimana anda tahu, servis besar sampai membuka kepala silinder untuk mencuci keraknya, butuh biaya mahal. 




Jadinya pemakai Pertamax jarang melakukan servis besar dan tidak tidak jarang mengeluarkan biaya jasa servis dan pembelian spare part. Sebenarnya aditif detergen dalam Pertamax ini pun terdapat juga di Pertalite. Tapi, detergen di Pertalite tidak sama seperti di Pertamax. “Kadar kimia (Pertalite) pembersihnya bertolak belakang antara Pertamax dan Pertamax Turbo.


Pertamax pun dilengkapi pelindung anti karat (corrotion inhibitor). Untuk melindungi dinding tangki kendaraan, drainase bahan bakar dan ruang bakar mesin.


Pertamax dapat menjaga keaslian bahan bakar dari gabungan air. Sehingga pembakaran mesin menjadi lebih sempurna (demulsifier). Anti oksidan ini dapat menghambat atau mencegah Pertamax ber-oksidasi dengan udara yang menghasilkan air. Sehingga dasar tangki tidak diisi air.


Inilah beberapa keunggulan dari Pertamax dibandingkan dengan yang lainnya. Mengetahui keunggulan ini akan membuat Anda semakin dengan pilihan Anda terhadap pertamax.


Salam



0 komentar:

Posting Komentar