Pentingnya Memberi Imunisasi Untuk Si Kecil

Foto : okezone

Seperti yang sudah diketahui ya Moms, pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif bisa membantu untuk mencegah penyakit menular pada Si Kecil dan menjadikan Si Kecil menjadi lebih sehat. Namun, tahukah Moms dan Dads ada faktor lain yang harus dilakukan agara Si Kecil senantiasa terhindar dari penyakit menular dan resiko kematian. Pemberian ASI dan MPASI harus didukung dengan pemberian imunisasi bayi yang lengkap. Mengapa? Karena pemberian imunisasi yang lengkap akan membantu membentuk antibodi. Nah, antibodi itu nantilah yang akan menjadi perisai bagi Si Kecil melawan penyakit-penyakit yang ingin singgah.

Dilansir dari website resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI),  Saat ini lebihdari 190 negara secara terus menerus melakukan imunisasi untuk bayi dan balita. Di negara tersebut terdapat institusi resmi yang meneliti dan mengawasi vaksin, yang beranggotakan dokter ahli penyakit infeksi, imunologi, mikrobiologi, farmakologi, epidemiologi, biostatistikadll. Sampai saat ini tidak ada negara yang melarang imunisasi, justru semua negara berusaha meningkatkan cakupan imunisasi lebih dari 90% (artinya lebih dari 90 % anak/bayi telah mendapat imunisasi). Maka pendapat imunisasi berbahaya bagi Si Kecil adalah pendapat yang salah.

Justru memberikan Imunisasi lengkap bisa memberi banyak manfaat bagi Si Anak. Masih dikutip dari website yang sama,  Badan penelitian di berbagai negara membuktikan bahwa dengan meningkatkan cakupan imunisasi, maka penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi berkurang secara bermakna. Oleh karena itu saat ini program imunisasi dilakukan terus menerus di banyak negara. Semua negara berusaha meningkatkan cakupan agar lebih dari 90%. Di Indonesia, terjadi wabah polio 2005-2006 karena banyak bayi yang tidak diimunisasi polio, maka menyebabkan 305 anak lumpuh permanen. Setelah digencarkan imunisasi polio, sampai saat ini tidak ada lagi kasus polio baru.

Foto : kao.web


Tapi, jika Moms dan Dads masih ingin menambah ilmu tentang imunisasi dan berdiskusi dengan berpengalaman, Moms dan Dads sangat bisa untuk menambah pengetahuan melalui website seperti http://merries.co.id/. Tidak ada salahnya loh terus update ilmu demi tumbuh kembang si kecil!


Salam





0 komentar:

Posting Komentar