Inspirasi Menu Puree Untuk MPASI Bayi

Gambar : halodoc


Salah satu menu MPASI 6 bulan yang mudah dibuat adalah puree. Baik puree sayur maupun buah biasanya si kecil akan suka. Berikut ini menu puree yang dapat diberikan si Kecil sebagai snack, atau jika ditambahkan protein bisa dijadikan menu lengkap. 


1. Buah Alpukat, Nasi, dan Kembang Kol

Mencampur buah dengan nasi dan sayur juga bisa Moms jadikan pilihan jadwal menu MPASI. Misalnya Moms mememasukkan nasi dan alpukat sebagai jadwal Menu MPASI, Moms bisa mencoba ide resep berikut ini.


Bahan:

1/2 cangkir beras

1/2 buah alpukat

1/3 kembang kol

1 sdt minyak zaitun


Cara Membuat:

Masak beras hingga matang dan menjadi nasi.

Haluskan buah alpukat dengan garpu.

Kukus kembang kol dan haluskan dengan garpu.

Campur semua bahan di dalam wadah dan aduk dengan menggunakan garpu. Jika ingin konsistensi yang lebih lembut, dapat memasukkan semua bahan ke dalam blender.


2. Bubur Sayur

Yang terpikirkan oleh Moms akan membuat resep jadwal Menu MPASI mungkin adalah bubur sayur. Membuat bubur sayur memang susah-susah gampang Moms.

Kita dituntut untuk mengeluarkan kreativitas dalam mencampur sayuran juga memastikan rasanya enak untuk dimakan bayi.

Daripada bingung, berikut resep bubur sayur yang dijamin enak dan bergizi untuk jadwal Menu MPASI pertama.


Bahan:

Beras

Air secukupnya

Wortel

Bayam


Cara Membuat:

Masak beras sampai menjadi bubur

Masukan wortel dan bayam yang sudah diblender, aduk merata

Untuk tambahan protein, bisa tambahkan ikan salmon atau dada ayam yang dihaluskan


3. Puree Alpukat dan Ubi Jalar

Ubi jalar sangat tepat dikombinasikan dengan buah alpukat untuk membuat resep jadwal Menu MPASI yang bernutrisi dengan rasa manis alami.


Gambar : footyclub


Bahan:

2 cangkir ubi jalar, potong dadu

1 buah alpukat

4 gelas air.


Cara Membuat:

Pindahkan ubi jalar ke dalam wadah untuk dimasak bersama dengan air dan rebus selama 25 menit. Saring ubi jalar dari air dan biarkan dingin.

Masukkan buah alpukat ke dalam blender dan tambahkan secangkir air.

Tambahkan ubi jalar rebus ke dalam blender berisi buah alpukat, lalu haluskan. Tuangkan lebih banyak air jika diperlukan, hingga mendapatkan konsistensi puree yang diinginkan.


4. Sup Labu

Labu berwarna kuning memang kaya akan gizi untuk Si Kecil yaitu vitamin A, C, E dan mineral. Selain itu bermanfaat juga untuk menambah sistem kekebalan tubuh bayi.

Teksturnya yang lembut membuat labu ini sangat cocok sebagai resep jadwal Menu MPASI pertama untuk Si Kecil. Untuk membuat sup pumpkin mudah saja, Moms. Berikut resepnya:


Bahan:

Labu

Air

Kayu Manis


Cara Membuat:

Haluskan labu dengan blender

Jika labu sudah halus, masukan ke dalam panci tambahkan sedikit air dan ¼ sendok teh kayu manis untuk menambah rasa. Panaskan sampai mendidih, angkat

Tunggu sampai tidak terlalu panas dan sup pumpkin siap disantap Si Kecil. Hindari penggunaan perasa seperti garam atau gula pasir apalagi MSG. Menggunakan bahan rempah-rempah, gula jagung, atau tambahan buah adalah pilihan terbaik.


5. Puree Wortel dan Alpukat

Wortel kaya akan vitamin sehingga membuat kombinasi resep jadwal Menu MPASI ini menjadi makanan multivitamin yang sangat baik untuk bayi.


Gambar : merries


Bahan:

1 cangkir wortel, potong dadu

1 buah alpukat

3-4 gelas air


Cara Membuat:

Rebus wortel dalam air selama 20 menit dengan api sedang.

Dinginkan wortel di dalam air rebusannya.

Masukkan alpukat ke dalam blender, tambahkan wortel dan sedikit rebusannya untuk dihaluskan hingga mencapai konsistensi yang diinginkan.


Buat suasana yang nyaman saat makan agar si Kecil bisa makan dengan lahap. Jangan lupa selalu menggunakan popok yang nyaman. Popopk Merries adalah popok pilihan no.1 ibu di Jepang. Memiliki permukaan yang lembut akan membuat si Kecil nyaman.


Salam





0 komentar:

Posting Komentar