Waspada! Kenali Gejala Asam Urat Pada Kaki Disini

sumber : popmama.com


Asam urat merupakan bentuk dari penyakit arthritis yang menimbulkan infeksi pada sendi. Penyakit ini bisa memunculkan berbagai macam komplikasi asam urat yang bisa mengganggu kesehatan apabila tidak cepat ditangani. Oleh sebab itu, sangat penting untuk Anda bisa kenali gejali asam urat pada kaki disini supaya penyakit ini tidak tumbuh semakin parah. 


Gejala dan Ciri Umum Penyakit Asam Urat


Asam urat ataupun gout merupakan penyakit yang lebih sering menyerang orang dewasa, terutama laki-laki. Pemicu penyakit asam urat yaitu kandungan asam urat (uric acid) yang sangat besar. Keadaan ini menimbulkan penimbunan asam urat serta terjadinya kristal asam urat di sendi sehingga memunculkan infeksi.


Walaupun demikian, tidak semua orang dengan kandungan asam urat tinggi akan menampilkan gejala ataupun ciri tertentu. Gejala akan terasa ketika pengidap hadapi serangan asam urat kronis ataupun telah menghadapi keadaan yang kronis.


Serangan asam urat ini biasanya timbul secara seketika serta kerap terjadi pada malam hari. Serangan ini bisa berlangsung dalam beberapa hari ataupun beberapa minggu. Setelah itu mereda dalam waktu yang lama serta kembali lagi pada waktu apabila kandungan asam urat Anda tidak terkendali.


Ada pula bagian sendi yang sangat kerap merasakan gejala yaitu jempol kaki. Tetapi, sendi yang lain juga dapat terserang, seperti lutut, pergelangan kaki, siku, pergelangan tangan, serta jari. Secara umum, gejala, isyarat, ataupun cirri Anda terserang penyakit asam urat, ialah:







Nyeri Sendi


Nyeri sendi merupakan salah satu dari tanda yang umum muncul ketika kandungan asam urat dalam darah tinggi. Rasa nyeri dapat terjadi sebab kristal asam urat yang tercipta di bawah kulit di sekitar sendi. Kristal ini kecil, namun tajam sehingga dapat memunculkan rasa sakit pada pengidapnya.


Rasa nyeri pada sendi umumnya mulai dialami pada pagi hari. Setelah itu akan semakin parah pada 4 - 12 jam pertama sehabis menyadari terdapatnya rasa nyeri pada persendian.


Sendi Bengkak serta Lunak


Gejala hadapi sakit asam urat juga dapat dilihat dari penampilan persendian yang bermasalah. Sendi yang bermasalah sebab kandungan asam urat tinggi akan tampak bengkak serta terasa lunak ketika ditekan.


Pembengkakan ini dapat terjadi sebab kristal kecil, keras, serta tajam yang tercipta di sendi bergesekan dengan susunan lunak yang melindungi sendi, yang disebut dengan sinovium. Keadaan ini menimbulkan susunan sinovium membengkak serta terasa lunak ketika ditekan.


Kulit di Sekitar Sendi Bercorak Kemerahan


Tanda penyakit asam urat yang lain yang bisa jadi muncul, ialah kulit di sekitar sendi yang terserang jadi kemerahan. Hal ini ialah respon yang umum terjadi ketika Anda hadapi infeksi.


Alasannya, saat infeksi terjadi, aliran darah akan bertambah berjalan mengarah ke bagian badan yang terserang, yang disebut dengan vasodilatasi. Apabila terserang di sendi, keadaan ini menimbulkan kulit di bagian sendi yang terserang akan jadi kemerahan.



Baca juga : Tradisi unik masyarakat yang hanya ada di Indonesia


Sendi Terasa Hangat ataupun Panas


Penyakit asam urat juga bisa menimbulkan indikasi berbentuk persendian yang terasa panas. Apalagi, sebagian orang menggambarkan persendiannya terasa semacam dibakar. Sama halnya dengan kemerahan, sensasi panas ini juga ialah efek dari proses infeksi.


Proses infeksi alias inflamasi akan merangsang sistem imun badan buat membebaskan senyawa sitokin. Pelepasan sitokin inilah yang bisa merangsang infeksi sampai memunculkan bengkak, kemerahan, serta terasa hangat pada sendi yang terserang asam urat.


Sendi Terasa Kaku


Pada permasalahan asam urat yang lebih parah, sendi juga bisa jadi kaku sehingga susah digerakkan. Tetapi, umumnya gejala ini baru akan muncul ketika Anda telah mengalami beberapa kali serangan asam urat ataupun telah mengidap gout kronis.


Inilah beberapa gejala asam urat yang biasa terjadi pada bagian kaki. Sebaiknya Anda segera mengetahui berbagai gejala tersebut supaya penyakit ini bisa segera diatasi dan tidak semakin parah.



Salam



Next Post Previous Post
15 Comments
  • Ella Fitria
    Ella Fitria Senin, Oktober 25, 2021

    Bener bgt gejala2 yg disebutkan di atas. Soalnya dulu alm. Mbah putriku juga punya penyakit asam urat. Kl lg kumat ga bisa tidur, kasian bgt. Seringnya di pergelangan kaki, sampai bengkak, lunak, merah, dan area kulitnya jd panas. Huhu

    • Rini Rahmawati
      Rini Rahmawati Sabtu, November 06, 2021

      iya penyakit ini bisa menyerang segala umur, bisa juga terjadi pada kita yang masih muda

  • Bayu Fitri
    Bayu Fitri Selasa, Oktober 26, 2021

    wah harus hati2 ya dengan asam urat ini btw ini ada pantangan makan apa saja ya mbak? kepo aku tuh

    • Rini Rahmawati
      Rini Rahmawati Sabtu, November 06, 2021

      ntar bikin tulisan lagi ya mbak, tentang pantangan makanan untuk asam urat

  • Diah Alsa
    Diah Alsa Jumat, Oktober 29, 2021

    biasanya paling terasa itu nyeri pada sendi ya, ternyata kalau kaki kemerahan padahal gak jatuh dsbnya itu perlu diwaspadai juga ya sebagai gejala asam urat. Noted nih.

    • Rini Rahmawati
      Rini Rahmawati Sabtu, November 06, 2021

      bener banget, kita memang harus selalu waspada dan senantiasa menjaga kesehatan

  • Sandra Hamidah
    Sandra Hamidah Jumat, Oktober 29, 2021

    Wah aku baru tau loh kak soal asam urat ini semoga kita sehat selalu ya semuanya

    • Rini Rahmawati
      Rini Rahmawati Sabtu, November 06, 2021

      Aamiin ya Robbal'alamiin

  • Mei Daema
    Mei Daema Minggu, Oktober 31, 2021

    wah saya baru tahu ya kalau asam urat menyerang bagian kaki gitu, pantesan ada teman kantor dulu kalau udah asam uratnya kambuh bisa ga jalan dia

    • Rini Rahmawati
      Rini Rahmawati Sabtu, November 06, 2021

      ngeri ya kalo udah kambuh bisa sangat mengganggu aktivitas

  • Mariatanjungmenulis
    Mariatanjungmenulis Selasa, November 02, 2021

    Ibu saya nih kena asam urat. Kasihan juga kalau lihat beliau berjalan. Memang sedari dini kita harus jaga kesehatan ya mbak

    • Rini Rahmawati
      Rini Rahmawati Sabtu, November 06, 2021

      iya harus selalu jaga kesehatan dengan baik

  • Antung apriana
    Antung apriana Rabu, November 03, 2021

    asam urat itu termasuk radang sendi ya kalau nggak salah. kupikir dulu gejalanya kalau tangan atau kaki kesemutan gitu ternyata dia gejalanya nyeri di sendi ya

    • Rini Rahmawati
      Rini Rahmawati Sabtu, November 06, 2021

      iya bener ada rasa nyeri pada bagian sendi

  • Anisah
    Anisah Rabu, November 17, 2021

    Ya allah,adik aku mba kaya gini,bisa disembuhkan gak ya? Kira2 makanan yang diperbolehkan apa aja ya?

Add Comment
comment url