5 Produk Lokal dengan Kualitas Internasional




5 Produk Lokal dengan Kualitas Internasional. Bisa jadi memang terdapat banyak produk impor yang tersebar di Indonesia, tetapi bukan berarti produk lokal tidak dapat menembus pasar Internasional. 


Bila kamu belum mengetahui ternyata ada banyak lho produk lokal dengan kualitas internasional, produk Indonesia yang berjaya di luar negeri, dari mulai produk kerajinan kulit yang berasal dari kota Garut, hingga brand donat terbaik yang bisa bersaing dengan Dunkin.

 

Tidak bisa dipungkiri bila mayoritas masyarakat Indonesia sangat konsumtif. Masyarakat itu lebih suka membeli produk jadi daripada membuatnya sendiri. Mayoritas juga masyarakat masih gengsi membeli produk dalam negeri sendiri.

 

Banyak yang kerapkali menyepelekan produk buatan tanah air. Masih banyak yang berpikiran kalau kualitas produk sendiri lebih rendah dibandingkan kualitas luar. Misalnya saja untuk produk seperti tas, sepatu sampai makanan. Banyak yang masih gengsi bila belum membeli yang branded.

 

Sementara itu buatan lokal tidak selamanya kurang baik serta berkualitas di bawah dari buatan luar loh. Malah terdapat banyak kelebihan yang dapat kamu miliki dengan membeli produk dalam negeri.

 

Tidak hanya bisa lebih memajukan industri dalam negeri, kamu juga dapat lebih memahami kualitas baik yang dipersembahkan produk Indonesia. Keuntungan yang lain yaitu produk lebih murah serta tidak perlu ongkos kirim yang mahal untuk memperoleh produknya.

 

Produk asal Indonesia nyatanya telah banyak yang berhasil sebab mutunya yang sangat bagus. Buktinya yaitu beberapa produk Indonesia ada yang telah tembus pasar luar negeri. Warga luar negeri malah telah mengakui mutu produk Indonesia dan teruji beberapa produk Indonesia laku keras.

 

Produk Lokal Dengan Kualitas Internasional

 

Beberapa diantaranya malah pernah dikira produk luar negeri saking tenarnya. Ayo, intip deretan produk Indonesia yang sukses mendunia, produk lokal dengan kualitas internasional di bawah ini.

 

1.     Garut Kulit (GK)

 

Kang Dian Dipa Chandra yang terkenal dengan nama Candil, memakai jaket kulit dari Garut Kulit

Awal mulanya produk kerajinan kulit ini memang belum dikelola secara profesional. Akan tetapi produk dan pelayanannya memang telah mulai banyak diminati oleh para pembeli. Melihat reaksi pasar yang sangat baik tersebut.  Maka Garut Kulit mulai menawarkan berbagai macam produk unggulannya ke luar negeri. Dari mulai jaket kulit, tas kulit, hingga kerajinan aksesoris kulit. Selain untuk pemakaian pribadi, brand ini juga bisa membuat kerajinan kulit dalam jumlah besar untuk keperluan souvenir acara.

 

Tahun 2015 jadi tahun awal kejayaan untuk Garut Kulit sebab telah sukses menerbangkan produknya ke negara Kenya– Afrika. Garut Kulit juga mulai mendaftarkan merknya di HAKI yaitu pada tahun 2016. Satu tahun setelah itu payung hukum CV Garut Kulit Internasional mulai didirikan buat mempermudah aktivitas ekpor. Perusahaan ini bekerjasama dengan berbagai institusi agar dapat memungkinkannya mengekspor produk kerajinan kulitnya ke luar negeri.

 

Saat ini Garut Kulit juga bukan lagi produk yang diketahui oleh warga Indonesia saja, melainkan sudah terkenal atau diketahui oleh dunia. Tahun 2018 Garut Kulit telah mengirimkan banyak produknya ke berbagai macam penjuru dunia seperti Amerika Serikat, Australia, dan Hong Kong.

 

2.     Polygon

 


Polygon Bikes mulai muncul di tahun 1989. Dengan visi jadi merk sepeda yang bermutu global serta siap bersaing di pasar internasional, Polygon saat ini berhasil menjual produknya sampai mancanegara.

 

Merk yang satu ini memprioritaskan pada 3 aspek ialah inovasi, otentik, serta kualitas. Produknya juga diketahui telah terdistribusi langsung di 500 outlet. Ini juga sudah tersebar di berbagai belahan dunia dengan lebih dari 33 negara.

 

3.     LEA

 


Produk Lea banyak dianggap sebagai produk internasional pada awal kemunculannya. Dengan kualitasnya yang sangat baik serta juga model yang senantiasa update, maka membuat produk Lea ini banyak diminati.

 

Telah dibuat semenjak tahun 1972, aneka produk celana jeans dari Lea sukses menembus pasar luar neeri lho. Produk asal Indonesia ini awal mulanya dipasarkan di Singapore dan setelah itu memasuki negara Asia lainnya.

 

4.     Silver Queen

 


Merk cokelat yang satu ini tentu sering kamu temukan di berbagai toko ataupun minimarket. Walaupun begitu, bisa jadi tidak banyak yang mengetahui kalau merk cokelat ini ialah produk asli Indonesia.

 

Hebatnya, cokelat asal Indonesia ini tidak kalah dengan merk luar negeri seperti Toblerone, Cadburry, Kit Kat, serta sebagainya. Apalagi  kini Silver Queen saat ini juga sudah melebarkan sayapnya ke berbagai negara lain seperti halnya negara Filipina, Singapore, Amerika, serta negara lainnya.

 

5.     JCO Donuts

 


Jika yang satu ini awal mulanya pernah dikira produk luar negeri. Merk donat ini dibuka pertama kali di Supermall Karawaci, Tangerang pada 2005 silam. Industri dari Johnny Andrean saat ini berhasil menembus pasar Malaysia sampai Cina. Menu simpel donat serta kopi dari J.CO ini sudah sukses menarik minat warga. Apalagi berkat terdapatnya J.CO, aneka gerai donat yang lain mulai bermunculan di Indonesia.

 

Terdapat banyak produk andalan dari J.CO Donuts yang dapat kamu coba. Tetapi yang sangat terkenal yaitu Tiramissu Donut. Isiannya krim rasa vanila dengan susunan white chocolate serta diberi taburan bubuk kopi serta cookies. Produk lain yang harus dicoba dari brand ini yaitu Donat Greentease serta Choco Loco.

 

Nah, seperti itulah deretan produk lokal dengan kualitas internasional yang berhasil go internasional. Sebagai orang Indonesia, pastinya kamu juga wajib mulai menunjang bermacam produk lokal. Salah satu cara yang dapat kamu jalani dalam menunjang produk lokal dengan membeli produk lokal yang tersedia.

 

Alasannya, dengan membeli produk lokal maka kamu berarti sudah berpartisipasi menghasilkan dampak sosial yang nyata berbentuk kesejahteraan menyeluruh sekalian menunjang produk lokal.

 

Kontributor : Kang Fajrin


Salam





Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url