7 Cara Belajar Teknik Merajut, Mudah dan Cepat!




Kebosanan di rumah sepanjang masa pandemi dapat diatasi dengan bermacam cara. Salah satunya yaitu dengan mencari kegiatan baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya, seperti berkebun, melukis, ataupun belajar merajut. Kamu bisa belajar teknik merajut dengan mudah dan dipaparkan di bawah ini.


Merajut ataupun knitting ialah suatu proses membentuk suatu produk baru dari bahan dasar benang dengan tujuan bernilai guna, misalnya berbentuk sweater, syal, tas, sepatu balita, serta yang lainnya.


Bagi suatu riset kegiatan merajut dapat mengurangi tekanan mental, kecemasan, serta kesepian. Aktivitas yang satu ini sesuai untuk kamu yang lagi mencari solusi buat menanggulangi kebosanan di rumah.


Teknik Merajut Untuk Pemula


Tidak cuma buat menanggulangi kebosanan di rumah, merajut juga sangat cocok untuk kamu yang lagi berada jauh dari keluarga ataupun tinggal sendiri di tanah rantau.


Untuk kamu yang belum sempat mencoba merajut, berikut cara merajut buat pendatang baru yang dapat kamu coba!


1. Selipkan Simpul



Teknik merajut yang pertama yaitu dengan membuat simpul awal saat sebelum memulai tusuk dasar. Metode ini biasanya disebut dengan sebutan slip knot, yang termasuk ke dalam sebutan anatomi rajutan. Berikut langkah-langkah metode membuat simpul awal:


Pegang benang memakai telunjuk serta ibu jari kedua tangan. Posisi benang pendek ataupun yard end terletak di sebelah kiri, serta yard ball ataupun ujung benang yang lain yang tersambung dengan gulungan benang terletak di sebelah kanan.


Lingkarkan benang mengitari jari telunjuk kiri ke balik. Pakai jempol kiri supaya posisi benang tidak berganti. Lingkarkan kembali benang ke belakang sampai benang terletak di antara telunjuk serta jari tengah.


Masukkan benang pada lubang di antara telunjuk serta jari tengah setelah itu tarik ke arah luar. Sehabis itu, tarik benang dengan kencang sembari membebaskan benang di tangan kiri.


Masukkan jarum pada lubang hasil tarikan benang kemudian tarik yard ball supaya cocok dengan ukuran jarum.


2. Tusuk Rantai (Chain)



Teknik merajut buat pemula selanjutnya yaitu tusuk rantai ataupun chain. Pertama, kamu perlu membuat simpul awal terlebih dulu, setelah itu kaitkan benang pada jarum.


Sehabis itu tarik benang yang sudah terpaut hingga keluar dari lubang jarum untuk membuat bundaran baru tanpa mengencangkan yang sebelumnya.


Jalani tahapan yang sama berulang-ulang sampai memperoleh rantai dengan panjang yang kamu inginkan. Perlu kamu tahu, simpul selip tidak dihitung sebagai tusuk rantai.


3. Tusuk Tunggal (Single Crochet)



Sama halnya dengan cara sebelumnya, tusuk tunggal dapat terbuat dengan membuat simpul selip dan tusuk rantai sebagai dasar. Berikutnya, masukkan jarum pada lubang kedua terhitung mundur dari jarum, kaitkan pada benang.


Sehabis itu, tarik jarum lewat kedua loop ataupun lubang sekaligus. Setelah itu, kamu tinggal melanjutkan pembuatan tusuk tunggal pada rantai berikutnya dengan metode yang sama.


4. Setengah Tusuk Ganda (Half Double Crochet)



Teknik merajut untuk pemula biasa diketahui dengan metode half double crochet, yang cara membuatnya diawali dengan membuat tusuk rantai terlebih dulu. Setelah itu, kaitkan benang serta masukkan jarum pada loop ketiga dari ujung.


Kaitkan jarum pada benang, kemudian tarik lewat satu lubang. Selanjutnya, kaitkan lagi jarum rajut pada benang kemudian tarik lewat 3 lubang sekalian. Ulangi langkah yang sama untuk membuat setengah tusuk ganda selanjutnya.


5. Tusuk Ganda (Double Crochet)



Sama seperti metode membuat setengah tusuk ganda, metode merajut ini juga dimulai dengan membuat tusuk rantai setelah itu masukkan jarum rantai keempat dari ujung.


Kemudian, kaitkan jarum pada benang setelah itu tarik lewat satu rantai sehingga menyisakan 3 lubang rantai. Kaitkan lagi jarum pada benang kemudian tarik lewat satu lubang hingga menyisakan 2 lubang.


Terakhir, kaitkan kembali jarum pada benang kemudian tarik keluar lewat 2 lubang terakhir. Jalani dengan metode yang sama untuk menyelesaikan tusuk ganda ataupun double crochet.


6. Tusuk Triple



Sekilas, metode merajut buat pendatang baru yang satu ini memang mirip seperti tusuk ganda. Perbedaannya terletak pada jumlah tusukan benang pada jarum. Tusuk ganda mengaitkan benang satu kali pada jarum, sedangkan tusuk triple mengaitkannya sebanyak 2 kali.


Metode tusuk triple juga wajib dimulai dengan membuat tusuk rantai. Setelah itu, kaitkan benang 2 kali kemudian lilitkan pada rantai keempat. Kaitkan lagi benang satu kali kemudian keluarkan dari tusukan rantai.


Kemudian, kaitkan benang kemudian keluarkan lewat 2 lubang pada jarum, serta ulangi langkah yang sama. Bila kamu mau berpindah ke baris kedua, wajib memulainya dengan membuat tusuk rantai 4 kali.


7. Tusuk Sisip (Slip Stitch)



Seperti metode merajut yang lain, tusuk sisip juga wajib dimulai dari tusuk rantai. Kemudian, masukkan jarum ke lubang rantai kedua dari ujung. Kaitkan benang, kemudian tarik langsung lewat 2 lubang sekalian.


Buatlah tusuk rantai kemudian masukkan jarum pada lubang rantai awal dari ujung buat mencampurkan rantai menjadi bentuk bundaran. Kaitkan benang kemudian tarik pada 2 lubang.


Salam





Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url