7 Cara Mudah Membersihkan Karang Gigi




Karang gigi jadi salah satu permasalahan yang kerap disepelekan. Sementara itu bila ditelaah lebih jauh lagi, karang gigi bisa merangsang penyakit, apalagi kerusakan gigi permanen. Dalam keseriusan ringan, kendala yang satu ini bisa diatasi dengan langkah simpel. Lalu, gimana cara membersihkan karang gigi dengan langkah simpel?


Gigi serta mulut jadi kesatuan yang termasuk dalam sistem pencernaan. Keduanya perlu dilindungi dengan baik, sebab melaksanakan kontak langsung dengan makanan serta minuman tiap hari. Bila lalai melindungi kebersihannya, sisa-sisa kotoran dari makanan serta minuman akan melekat pada gigi serta membentuk plak.


Plak yang diakibatkan oleh penimbunan sisa makanan serta minuman setelah itu tumbuh serta membentuk karang gigi. Kuman yang menumpuk pada area tersebut setelah itu berkembangbiak serta menghasilkan zat asam. Zat asam inilah yang nantinya bisa mengganggu enamel gigi, dan merangsang beberapa kerusakan gigi.


Bila karang gigi masih dirasakan dalam masalah ringan, berikut ini beberapa cara membersihkan karang gigi yang bisa kamu jalani secara mandiri di rumah:


1. Teratur Menggosok Gigi


Menggosok gigi secara teratur jadi salah satu cara membersihkan karang gigi. Prosedur yang satu ini bisa dicoba 2 kali satu hari, yaitu sehabis makan pagi serta saat sebelum tidur di malam hari. Jalani selama 2 menit. Yakinkan gosokan menjangkau seluruh permukaan gigi di dalam mulut. Untuk tiap-tiap bagian, yaitu kanan, kiri, depan, serta belakang, lakukan selama 30 detik.



2. Menggosok Gigi dengan Cara yang Benar


Walaupun menggosok gigi telah dilakukan selama 2 menit, hal tersebut akan percuma bila dilakukan dengan cara yang salah. Hendaknya menggosok gigi dengan gerakan memutar atas serta bawah. Gerakan bisa diawali dari gigi paling belakang ataupun geraham di sisi kanan ataupun kiri. Yakinkan tidak menggosok sangat keras, supaya tidak mengganggu enamel gigi.


3. Menggunakan Benang


Cara membersihkan karang gigi selanjutnya yaitu lakukan pembersihan lebih rinci dengan memakai benang. Tujuannya untuk membersihkan plak yang terletak di sela-sela gigi. Benang bisa menjangkau sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh gosok gigi. Jalani cara ini sehabis menggosok gigi untuk hasil yang optimal.


4. Memakai Baking Soda


Memakai baking soda jadi cara membersihkan karang gigi berikutnya. Triknya dengan menyikat gigi memakai baking soda. Baking soda dinilai sanggup melenyapkan plak tanpa mengganggu enamel gigi. Kandungan di dalamnya dinilai sanggup melindungi gigi, serta menghindari gigi kehilangan kalsium. Watak antimikroba dalam baking soda bisa menghindari kerusakan gigi.



5. Memakai Obat Kumur


Cara membersihkan karang gigi berikutnya yaitu memakai obat kumur. Obat kumur dinilai sanggup merontokkan kotoran dari sisa makanan yang melekat pada gigi. Tidak hanya itu, pemakaian obat kumur bisa menolong aroma nafas jadi lebih fresh. Untuk memperoleh khasiatnya, jauhi obat kumur dengan kandungan alkohol.


6. Berhenti Merokok


Mengerti kah kamu bila kandungan kimia dalam rokok bisa merangsang pembuatan karang gigi? Bukan cuma bau mulut serta gigi kuning saja, merokok bisa merangsang terjadinya karang gigi berwarna gelap. Selagi melaksanakan langkah simpel untuk membersihkan karang gigi, hendaknya kamu juga berhenti merokok.


7. Banyak Minum Air Putih


Konsumsi banyak air putih bisa tingkatkan air liur. Nah, air liur dalam mulut berperan buat melembapkan serta meluruhkan sisa-sisa makanan yang melekat di permukaan gigi. Air minum juga memiliki enzim yang bisa menolong menghindari kuman pemicu peradangan mulut tumbuh berkembang.


Tidak hanya beberapa cara membersihkan karang gigi tersebut, kamu juga bisa mendukung kesehatan gigi dengan teratur periksakan gigi tiap 6 bulan sekali. Sehingga gigi kamu bisa terjaga dengan baik dan rapi.


Salam




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url