5 Efek Smoothing Rambut, Waspada dan Hindari!




Nyatanya bahaya smoothing rambut bukan semata-mata isapan jempol. Sama seperti prosedur rambut yang lain, bila tidak diiringi dengan perawatan lanjutan, smoothing rambut bisa berikan akibat negatif untuk rambut. Efek smoothing rambut ini cukup berbahaya.


Oleh sebab itu, saat sebelum mencoba bermacam teknik styling dan perawatan rambut, yakinkan kamu mengerti dengan keadaan rambut serta kulitmu. Sebagai permulaan, simak panduan mudah tentang cara mengidentifikasi tipe rambut.


Efek Smoothing Rambut yang Sebaiknya Diwaspadai


Jika kamu lagi memikirkan mau mencoba prosedur ini, ada baiknya kamu menguasai apa saja akibat smoothing rambut terlebih dulu. 


1. Smoothing Bisa Mengganti Struktur Rambut


Proses smoothing rambut memakai cairan kimia buat membuka kutikula rambut, kemudian merombak struktur aslinya yang bisa membuat rambut terasa halus serta licin. Tetapi, tanpa perawatan lanjutan yang baik, rambutmu akan jadi kemerahan, kering serta kusam. 


Efek samping smoothing ini bisa jadi belum tampak di awal, tetapi isyarat kerusakan baru akan tampak beberapa bulan setelahnya. Batasi juga keseriusan smoothing rambut yang kamu jalani supaya rambut tidak mudah rusak. 


Berikan jeda waktu, optimal 6 bulan sekali buat rambut menyesuaikan diri dengan bahan-bahan kimia yang digunakan dalam proses smoothing rambut.




2. Cairan Kimia Bisa Diserap Kulit Kepala


Dalam mengganti struktur rambut, obat smoothing wajib digunakan sampai mendekati pangkal rambut. Cairan ini dapat menyerap ke kulit kepala. Ada kemungkinan juga jika cairan ini meninggalkan residu di batang rambut ataupun kulit kepala bila tidak dibasuh dengan bersih sepanjang proses pelurusan.


Umumnya indikasi ini nyaris mirip dengan rambut berketombe. Kulit kepala mengelupas yang diiringi rasa gatal. Oleh karenanya, jauhi melaksanakan smoothing di sembarang tempat sebab bahan kimia berbahaya yang terdapat di dalamnya dapat memunculkan efek negatif buat kesehatanmu.


Untuk menjauhi residu serta bahaya smoothing rambut ini, pakai shampoo dengan khasiat deep cleansing yang jitu seperti TRESemmé Deep Cleanse & Protect Shampoo.


Shampoo yang memiliki green tea serta ginger extract ini bisa mendetoksifikasi kulit kepalamu supaya bebas dari debu, kotoran, serta juga bekas produk yang melekat.


3. Mengganggu Kesuburan


Sebagian riset menampilkan kalau kandungan formaldehyde yang ada di dalam obat smoothing rambut bisa mengganggu kesuburan, apalagi dapat menyebabkan keguguran pada wanita hamil.


Walaupun belum teruji benar, ada baiknya kamu senantiasa waspada saat sebelum melaksanakan smoothing rambut. Bila kamu lagi hamil ataupun lagi program hamil, tahu bahaya smoothing rambut serta jauhi prosedur ini.




4. Rambut Jadi Rapuh


Bahan kimia yang digunakan buat smoothing rambut bisa membuat rambut semakin rapuh serta melemah. Bersamaan berjalannya waktu, kamu akan hadapi kekeringan berlebih pada rambut sampai bercabang. Maka dari itulah rosedur ini sangat tidak dianjurkan bila rambutmu rontok parah.


Jika kamu senantiasa mau mencoba smoothing rambut, hendaknya kamu melaksanakan perawatan buat menanggulangi kerontokan rambut.


5. Menimbulkan Iritasi pada Kulit Sensitif


Jangankan cairan smoothing rambut, shampoo saja kadangkala dapat menyebabkan respon alergi pada beberapa orang yang berkulit sensitif. 


Terlebih, kulit kepala cenderung lebih sensitif dibanding bagian kulit yang lain. Hal ini bisa memunculkan indikasi ringan, mulai dari kulit kepala gatal, kulit kepala mengelupas, sampai melepuh.


Ada baiknya kamu mencoba terlebih dulu dengan mengoleskan sedikit obat smoothing di belakang kuping, kemudian diamkan selama 24 jam. 


Bila terasa gatal ataupun kulit melepuh, hendaknya urungkan niatmu buat smoothing rambut. Sebab bahan kimia berbahaya yang terdapat di dalamnya dapat berdampak parah untukmu.


Kamu juga dapat memilih teknologi pelurusan rambut seperti smoothing keratin. efek smoothing rambut keratin lumayan sedikit, sebab dalam prosesnya memakai zat protein keratin natural yang menyelimuti tiap batang rambut. 


Sehingga hasil perawatan smoothing keratin ini terasa optimal serta membuat rambut tampak lurus alami.


Itulah beberapa ia bahaya atau efek smoothing rambut yang perlu kamu ketahui. Jika kamu senantiasa mau mencobanya, yakinkan kamu juga siap berkomitmen penuh buat melaksanakan perawatan lanjutan untuk rambut smoothing. 


Salam





Next Post Previous Post
10 Comments
  • Farida Pane
    Farida Pane Senin, Januari 10, 2022

    Efek2 semacam ini yang bikin aku malas smoothing. Mending rajin merawat dengan produk yang cocok deh biar rambut sehat dan mendukung penampilan

  • Sandra Hamidah
    Sandra Hamidah Senin, Januari 10, 2022

    Dulu aku pernah smoothing dan hasilnya bagus, rambut jadi lebih sehat, berkilau dan pas obatnya ilang tetep rambut aku lurus sampe sekarang, aku malah pengen smoothing lagi biar ngga usah sisiran hehe beda2 sih ya tiap org tapi aku suka rambutnya rapi

  • Muyassaroh
    Muyassaroh Selasa, Januari 11, 2022

    Ternyata banyak efeknya, ya, Bun. Saya pribadi belum pernah smoothing rambut karena lebih senang alami-alami saja meskipun tak seindah iklan shampo..hihi.

  • Ella Fitria
    Ella Fitria Jumat, Januari 14, 2022

    Nah sepakat banget nih. Beberapa kali aku smoothing, jd perawatannya mesti ekstra karena efek smoothing jangka panjang bisa bikin rambut rontok dan rapuh. Trus kadang jg makin kering jd kudu bener2 dirawat biar ga rusak

  • Laily Fitriani
    Laily Fitriani Jumat, Januari 14, 2022

    Wah, banyak juga problem rambut pasca smoothing yaa? anakku berambut kriting dan pengen dilurusin soalnya. Artikel ini bermanfaat banget. Thanks Mbak.

  • Hastin Pratiwi
    Hastin Pratiwi Sabtu, Januari 15, 2022

    Aku dulu pernah smoothing rambut. Ternyata memang benar, kulit kepala sempat bermasalah setelahnya, seperti kering dan berketombe. Habis itu gak mau lagi deh, yang penting udah tahu rasanya, hehehee.. Mending catok aja yang aman, tanpa bahan kimia.

  • Diah Alsa
    Diah Alsa Minggu, Januari 16, 2022

    so far belum pernah rasain smoothing sih, anaknya mah gini seadanya pake banget, hihih, paling diblow doanglah.
    anyway noted nih, jadi bisa ingatin juga ke teman yang sering smoothing, biar gak keterusan kan kasian ya rambutnya :(

  • Antung apriana
    Antung apriana Senin, Januari 17, 2022

    belum pernah smoothing rambut nih aku jadi kurang tahu prosesnya gimana. tapi memang kalau perawatan menggunakan bahan kimia ini kita harus tetap hati-hati dan tahu risikonya ya

  • Anggi Putri
    Anggi Putri Senin, Januari 17, 2022

    Iya setahuku untuk hair treatment emang sebaiknya tidak dilakukan pas lagi promil apalagi pas hamil. Bahan kimianya bisa berpengaruh pada janin. Sekarang malah ada keratin, lebih natural dibanding smoothing tapi belum nyoba juga sih hehe

  • Maria Tanjung
    Maria Tanjung Minggu, Januari 23, 2022

    Harus berpikir berulang kali ya mbak jika ingin smoothing. Saya pun belum pernah smoothing cuma suka denger aja istilah itu.

Add Comment
comment url