Belajar Digital Marketing, Harus Mulai Dari Mana Ya!

 


 

Digital marketing menjadi andalan strategi pemasaran saat ini karena sangat efektif dan nyaman. Bagaimana tidak? Anda tidak perlu keluar dan membagikan brosur produk terbaru. Cukup posting foto atau video ke akun media sosial Anda, tulis caption keren dan posting!

 

Namun, upaya pemasaran online ini tidak berhenti di situ. Banyak yang harus dipelajari, seperti memahami perilaku pelanggan, membuat konten, dan mengemas hingga memilih strategi kampanye.

 

Sayangnya,  banyak orang tidak tahu harus  mulai dari mana dengan pemasaran digital. Jangan khawatir! Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara belajar digital marketing serta tools dan website yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar.

 

Alasan untuk Belajar Digital Marketing

 

Mengetahui apa arti digital marketing tidak berarti Anda seorang ahli. Ada banyak hal yang harus dipelajari. Juga, bidang ini melibatkan saluran pemasaran yang berbeda, seperti email, media sosial, dan mesin pencari seperti Google.

 

Dengan belajar digital marketing, Anda juga dapat mengetahui strategi yang paling cocok untuk bisnis Anda. Mengapa? Meskipun terlihat menjanjikan dan semakin populer, tidak semua metode tepat untuk  bisnis Anda.

 

Alasan lain mengapa penting untuk mempelajari digital marketing :

 

1. Hampir Semua Go Online

 

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia telah meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun. Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada  2019-2020 (Q2) saja, jumlahnya  mencapai 196,71 juta  dari total penduduk atau 266,91 juta.

 

Salah satu alasan utama pertumbuhan yang cukup pesat ini adalah kemudahan memiliki smartphone. Apalagi di masa pandemi. Internet tampaknya menjadi kebutuhan dasar. Belajar di rumah. Juga bekerja dari rumah. Belum lagi kebutuhan seperti pakaian, makanan dan obat-obatan.

 

Memasukkan Internet ke dalam gaya hidup masyarakat saat ini menunjukkan bahwa Anda memiliki target pasar yang cukup besar. Belajar digital marketing tidak akan sia-sia.

 


2. Bisa Memulai Bisnis Online Sendiri

 

Memang, uang adalah modal utama untuk membangun bisnis. Namun, jika Anda sedang membangun bisnis  internet, keterampilan pemasaran digital  juga penting. Dengan mempelajari pemasaran digital, Anda akan mengetahui cara menargetkan audiens yang tepat, mengukur keberhasilan promosi, menghitung biaya iklan di berbagai saluran pemasaran.

 

Selain itu, Anda juga dapat membangun kesadaran merek, menghasilkan prospek, dan meningkatkan penjualan menggunakan alat dan platform pemasaran.

 

3. Bertahan dan Bersaing

 

Netflix adalah layanan streaming besar dengan jutaan pelanggan di berbagai belahan dunia. Namun, tahukah Anda bahwa bisnis ini berawal dari jasa rental DVD? Ya… seperti penyewaan DVD yang sedang booming saat itu.

 

Menyadari kekesalan masyarakat dengan menonton televisi yang sarat dengan iklan, Netflix mencoba memasuki pasar digital dengan menawarkan layanan streaming berlangganan. Alhasil, strategi ini berhasil.

 

4. Bayangkan Jika Perusahaan Ini Tidak Berubah! Mungkin Hanya Namanya Saja

 

Hal yang sama berlaku untuk bisnis. Anda tidak selalu mengandalkan pemasaran offline, terutama jika Anda ingin menjangkau audiens yang lebih luas dari semua lapisan masyarakat. Mulailah belajar digital marketing dan atur pemasaran online dan offline  agar bisa berjalan beriringan. Bangun kepribadian bisnis dan ciptakan reputasi online yang berkualitas.

 

5. Perkembangan Karir

 

Indonesia memasuki era Digital 4.0 menandai bahwa berbagai bidang kehidupan kini bergerak menuju sistem yang serba otomatis dan digital. Contohnya adalah banyaknya bisnis yang mulai menyadari manfaat Internet.

 


Mereka akan mencoba membangun kesadaran merek dan menarik lebih banyak pelanggan melalui alat pemasaran online. Tentunya untuk memaksimalkan semua itu, perusahaan membutuhkan tenaga ahli.

 

Jika Anda menguasai pemasaran digital, peluang pertumbuhan karir terbuka lebar. Anda dapat bekerja sebagai spesialis SEO, ahli strategi media sosial, atau manajer hubungan klien.

 Atau, Anda dapat belajar sendiri pemasaran digital  tanpa pelatihan formal. Banyak situs web dan kursus online menawarkan materi ini (yang akan kita bahas nanti) baik secara gratis maupun berbayar.

 

Langkah-Langkah Mempelajari Digital Marketing 

 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk belajar digital marketing Anda tidak perlu melalui pelatihan formal apa pun. Banyak sumber daya online dapat digunakan. Tapi di mana untuk memulai? Mari kita bahas satu per satu.

 

1. Pilih Keahlian yang Ingin Anda Pelajari

 

Digital marketing lebih dari sekadar memposting foto ke Instagram atau mengunggah video ke TikTok. Bidang ini juga mencakup pengoptimalan SEO (optimasi mesin pencari), pemasaran email, pemasaran konten, blogging, dan bahkan pemasaran PPC atau bayar per klik.

 

Ini semua adalah hal yang sangat menarik untuk dipelajari. Namun, tidak semuanya berlaku untuk pekerjaan atau bisnis. Pertama, ketahui visi, misi, atau tujuan perusahaan  yang ingin Anda capai sendiri di masa depan.

 

Apakah Anda ingin membuat pemasaran konten yang mengubah pembaca menjadi pelanggan? Atau apakah Anda ingin membuat kata-kata iklan yang emosional melalui keterampilan copywriting Anda? Atau apakah Anda ingin  website perusahaan Anda selalu menjadi #1 di Google untuk sebuah kata kunci?

 

Pikirkan baik-baik. Kemudian mulailah memilih mata pelajaran pertama untuk dipelajari.

 

2. Menghadiri Webinar

 

Ada banyak cara untuk belajar digital marketing agar mahir. Salah satunya adalah  mengikuti webinar. Selain diisi oleh banyak pakar, topik yang dibahas pun beragam. Dari pemasaran SEO, pemasaran PPC  hingga pemasaran media sosial.

 

Ada webinar yang diadakan dua minggu sekali atau bahkan sebulan sekali, dan ada juga webinar yang diadakan setahun sekali.

 

Search Engine Magazine menawarkan webinar mingguan tentang berbagai topik, seperti saran tentang kampanye iklan berbayar dan kiat SEO yang terkait dengan kesehatan situs web.

 

Selama webinar tahunan, contohnya adalah BrightonSEO. Dalam webinar ini, banyak  pembicara yang akan memberikan informasi menarik. Beberapa bekerja sebagai manajer PR, konsultan pemasaran digital, dan bahkan spesialis SEO senior.

 


3. Daftarkan Kursus Digital Marketing

 

Kursus Digital Marketing  Selain webinar, kursus online juga memiliki banyak manfaat dalam membangun fondasi pemasaran digital  yang kokoh. Tidak perlu melacak pembayaran Anda jika saat ini Anda tidak memiliki cukup dana.

 

Banyak kursus pemasaran digital  menawarkan pendaftaran gratis. Google Digital Unlocked, misalnya, menawarkan topik kursus Dasar-Dasar Pemasaran Digital. Di sini Anda akan mempelajari dasar-dasar pemasaran digital dan apa  yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis.

Kursus sertifikasi pemasaran digital  lainnya yang juga menawarkan kesempatan belajar gratis (walaupun ada yang berbayar) adalah HubSpot Academy, Coursera, dan Udemy.

 

4. Subscribe blog dan channel YouTube

 

Digital marketing adalah bidang yang dinamis. Untuk pemasaran SEO  saja, hampir selalu ada informasi terbaru. Belum lagi  Google telah membuat perubahan besar pada algoritmenya.

 

Jadi, untuk tetap up to date dengan berita pemasaran terbaru, tidak ada salahnya berlangganan blog dan saluran YouTube yang membahas tentang pemasaran online. Moz, Content Marketing Institute, dan Neil Patel adalah blog pemasaran yang dapat Anda ikuti.

 

Bagaimana dengan saluran YouTube? Kami merekomendasikan Backlinko, Ahrefs, dan Institut Pemasaran Digital. Belajarlah dengan baik!

 

5. Ambil Kursus Analisis

 

Tidak hanya teori, Anda perlu menguasai keterampilan analitis. Mengapa? Tentu saja, untuk melacak indikator utama dari kampanye iklan yang diterapkan, kepribadian merek di Internet, perilaku konsumen, dll.

 

Dari sekian banyak platform analitik, kami sangat menyarankan untuk menggunakan Google Analytics. Tidak, bukan karena ini adalah produk Google. Namun sebaliknya, platform ini gratis dan berpotensi memberikan informasi nyata yang akan  membantu  bisnis Anda berkembang.

 

Pada platform ini, Anda akan mengetahui usia audiens yang mengunjungi dan berinteraksi di situs web, jumlah transaksi, pendapatan, halaman arahan mana  yang memiliki kinerja terbaik, dan rasio pentalan.

 

Setelah mempelajari pemasaran digital, apa langkah selanjutnya? Agar pembelajaran digital marketing Anda lebih menyenangkan dan menyenangkan, terapkan langkah-langkah di bawah ini:

 


1. Pilih Produk dan Pasar yang Akan Dituju

 

Dalam memilih produk, jangan lakukan ini dengan asal-asalan. Mengidentifikasi produk yang memberikan solusi dan memenuhi kebutuhan pasar. Ini akan memberikan nilai dan karakter tersendiri bagi bisnis Anda. Orang-orang akan kesulitan move on karena mereka tahu Anda telah mencoba yang terbaik.

 

Misalnya, Anda mempertimbangkan untuk menjual susu kambing berdasarkan fakta bahwa susu sapi tidak direkomendasikan untuk anjing. Target audiensnya adalah para orang tua yang masih memberikan susu sapi kepada anjing kesayangannya. Dengan memberikan edukasi berkelanjutan, seperti manfaat dan fungsi susu kambing,  produk Anda pasti diperhitungkan.

 

2. Membuat Situs Web

 

Mengapa Anda perlu membuat situs web? Memiliki akun jejaring sosial tidak lebih dari cukup? Memang, jejaring sosial telah menjadi salah satu saluran pemasaran yang membantu menyebarkan informasi dengan sangat cepat. Pengguna juga berasal dari berbagai kelompok umur.

 

Namun untuk menampilkan katalog produk, informasi komersial, detail harga, sistem distribusi, siaran pers, informasi diskon, semua itu tidak cukup hanya mengandalkan jejaring sosial saja. .

 

Anda memerlukan situs web sebagai sumber bisnis Anda yang paling valid, andal, dan akurat. Apalagi, tidak kurang dari 66,6% penduduk Indonesia masih menggunakan mesin pencari, seperti Google, untuk mencari informasi merek.

 

3. Membuat Blog

 

Memang benar Anda sudah memiliki website, kenapa harus membuat blog juga? Menulis seketat mungkin mempengaruhi emosi pembaca. Mereka akan melakukan apa yang penulis harapkan dari mereka.

 

Begitu pula dengan blog yang lebih banyak diisi konten berupa artikel disertai gambar (kadang juga video). Anda bebas menulis apa saja asalkan tetap berkaitan erat dengan bisnis Anda. Semoga posting blog akan mempengaruhi keputusan pembelian pembaca.

 

Blogging juga merupakan strategi  yang pasti dapat mengubah  pembaca menjadi pelanggan setia. Tentu saja, konten yang disajikan harus  berkualitas tinggi dan informatif.

 

Dengan  blog, Anda juga dapat menerapkan strategi pemasaran konten, pemasaran email (untuk pembaca yang ingin tetap update  di blog Anda) dan  terutama pemasaran mesin pencari.search (SEM).

 

Pemasaran digital semakin dianggap sebagai strategi pemasaran yang cukup efektif akhir-akhir ini. Agar strategi ini berhasil, Anda perlu meluangkan cukup waktu  untuk mengenal lapangan.

 

Ada 5 tahapan Belajar Digital Marketing, yaitu:

  • Pilih skill yang ingin dimiliki, karena tidak semua skill cocok untuk diterapkan dalam bisnis atau aktivitas yang dilakukan.
  • Setelah webinar, Anda  akan mendapatkan banyak wawasan menarik dan informatif  dari para ahli.
  • Mendaftar untuk kursus pemasaran digital, yang dapat Anda akses secara gratis atau berbayar di Internet.
  • Berlangganan blog dan saluran YouTube, seperti Ahrefs, Moz, dan Neil Patel.
  • Ikuti kursus analisis untuk mengasah kemampuan analitis Anda.


Digital marketing memang menawarkan peluang bagi Anda yang sedang membangun bisnis online. Jadi luangkan waktu yang cukup untuk meneliti bidang ini. Belajarlah dengan baik!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url